alexametrics
24.4 C
Manado
Selasa, 28 September 2021
spot_img

KEK Bitung Dipercepat, Dua Investor Perikanan Siap Masuk

MANADOPOST.ID – Berbagai program strategis nasional di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus mendapatkan perhatian pusat. Salah satu yang saat ini tengah dipercepat Pemerintah Pusat, adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

Bahkan berbagai kendala yang menghambat percepatan KEK Bitung langsung mendapat perhatian khusus pemerintah pusat. Hal itu dibuktikan melalui kunjungan langsung Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia di Pelabuhan Peti Kemas dan KEK Kota Bitung. “Saya kemari menjalankan arahan Bapak Presiden untuk mengecek langsung Kawasan Ekonomi Khusus Bitung. Dan hari ini saya datang melihat secara dekat sehingga bisa membangun suatu formulasi yang cepat dan tepat untuk proses KEK ini bisa berjalan,” ungkapnya.

Bahlil menambahkan, dari hasil peninjauannya di lapangan sudah menunjukkan progres yang baik. “Dari hasil peninjauan ternyata dari urusan tanah sudah hampir selesai, kemudian satu hal lagi mengenai konektivitas antara pelabuhan dengan kawasan ekonominya begitu juga dengan jalan tol, tadi saya lihat sudah bagus. Jadi memang kunjungan saya ini untuk melihat berbagai persoalan yang menghambat percepatan KEK Bitung,” sebutnya.

Nantinya menurut Bahlil, pihaknya akan berkoordinasi dengan menteri terkait seperti Menteri Perdagangan untuk mempercepat proses KEK. “Nah tugas kami di sini adalah mencari tenannya agar ada yang melakukan investasi di sini (KEK Bitung). Saya lihat juga Pak Gubernur Olly Dondokambey memiliki pemikiran global tetapi bertindak lokal. Jarang-jarang ada kepala daerah yang berpikiran seperti ini. Saya yakin dan percaya inilah gubernur senior saya, bisa kami melakukan kolaborasi tindakan-tindakan yang konkret dan tepat,” katanya.

 

Bahkan Bahlil mengatakan bahwa, sudah ada dua investor di industri perikanan yang siap masuk ke KEK Bitung. “Tugas saya mencari investor untuk masuk kesini. Saya sudah dapat dua investor terutama di industri perikanan. Tapi kepastiannya bagaimana, setelah saya balik ke Jakarta. Hasil kunjungan ke Bitung ini, akan langsung didiskusikan dengan Kementerian Perdagangan. Persoalan infrastrukturnya sudah tidak ada masalah. Buktinya, fasilitas listriknya sudah ada, jalan tol sudah ada. Tinggal polesan sedikit saja,” ungkapnya.

Maka menurut Bahlil, ketika dirinya balik ke Jakarta, akan berkoordinasi dengan menteri perdagangan untuk bisa dipercepat prosesnya. “Saya berkeyakinan besar karena gubernurnya ini berpikir global bertindak lokal, jarang-jarang daerah punya kepala daerah begini. Saya yakin kami akan berkolaborasi untuk melakukan tindakan-tindakan yang kongkrit dan cepat. Kita akan pacu secara bersama antara lintas kementerian untuk mempercepat KEK Bitung ini, sehingga bisa segera mungkin beroperasi maksimal,” ucapnya.

Sementara itu Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan bahwa, beberapa permasalahan telah disampaikan kepada pusat terkait pengoperasian KEK Bitung. “Posisi KEK Bitung ini sangat strategis. Baik untuk Sulut, maupun untuk kegiatan ekspor beberapa daerah di Indonesia. Dan pak menteri sudah melihat langsung apa saja yang dibutuhkan. Dan pak menteri juga memberikan respon yang baik. Sehingga, pusat memastikan akan terus mempercepat pengoperasian KEK Bitung,” tutupnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru