Rapid Test KERR, Gugus Tugas Bakal Bangun Posko di Ketang Baru atau Ternate Baru

Sanil Marentek

MANADOPOST.ID- Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal di Rumah Sakit Pancaran Kasih (RSPK) Manado 1 Juni lalu, terkonfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Manado bergerak cepat memutus mata rantai penularan karena diketahui jenazah almarhum telah kontak dengan banyak orang.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Manado Sanil Marentek mengatakan, pihaknya akan membuat posko untuk melakukan rapid  test kontak erat resiko rendah (KERR) yang akan dilakukan di Kelurahan Ketang Baru atau Ternate Baru. “Karena kedua kelurahan tersebut berdekatan,” sebutnya, ketika konferensi pers Minggu (7/6).

Dia mengimbau kepada masyarakat yang terkonfirmasi atau dekat dengan jenazah saat itu mari dengan kesadaran sendiri mencari Puskesmas terdekat untuk melakukan rapid test. “Mohon kerjasamanya. Jangan ada persepsi yang lain. Ini demi kesehatan masing-masing. Kita ikuti imbauan dari pemerintah untuk memutus mata rantai Covid-19,” harapnya, sembari mengatakan pihaknya juga sudah mengantisipasi dengan melakukan swab kepada 15 orang Kontak Erat Resiko Tinggi (KERT).

Diketahui 1 Juni lalu publik dihebohkan dengan massa yang mendatangi RSPK dan mengambil jenazah salah seorang yang berstatus PDP.

Jenazah kemudian dikebumikan tidak dengan protokol Covid-19. Pemeriksaan swab PDP tersebut sudah keluar hari ini, dengan hasil positif Covid-19.(ite)