Sabtu, 10 Juni 2023

Jokowi dan Menteri PUPR Dijadwalkan ke Manado, Setelah Tol Manado-Bitung Resmi Kantongi SLO

- Senin, 17 Januari 2022 | 13:52 WIB
Ilustrasi Jalan Tol.
Ilustrasi Jalan Tol.

MANADOPOST.ID—Bukan hanya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang hendak mendarat di Bumi Nyiur Melambai untuk meresmikan Jalan Tol Manado Bitung, tapi juga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini diungkapkan Project Manager PT.PP (Persero) Tbk Proyek Jalan Tol Manado Bitung Rebimun.

“Kalau mau diresmikan presiden biasanya langsung operasi. Makanya SLO (Sertifikat Laik Operasi) terbit dulu,” jelas Rebimun. Untuk itu, Rebimun mengungkapkan pihaknya diminta untuk melakukan persiapan dalam rangka kedatangan Presiden Jokowi dan Menteri Basuki. “Belum dapat kabar pastinya kapan, kami hanya disuruh persiapan,” terang Rebimun.

Diinformasikan pihak kontraktor Pelaksana, bahwa rencana lokasi peresmian Tol Manado Bitung Seksi 2B (Jalur Danowudu Bitung) rencananya akan dihelat pada gerbang tol Bitung. Adapun progres pekerjaan Jalan Tol Manado Bitung sudah selesai 100 persen. Sehingga menurut Rebimun sudah layak untuk diresmikan. “Progres sudah 100 persen. Tim uji laik fungsi sudah ke lapangan dan saat ini kami proses penyempurnaan. Permintaan tim ULF, kalau mau diresmikan presiden biasanya langsung operasi. Makanya SLO terbit dulu. Saat ini SLO belum terbit (dalam proses),” kata Project Manager PT.PP. (Persero) Tbk. Diketahui sebelumnya, kabar kedatangan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga berhembus langsung dari Balai Kementerian PUPR di Sulut. “Memang ada rencana kedatangan Pak Menteri ke Sulut. Itu berkaitan dengan progres jalan Tol, peresmian proyek-proyek perumahan dan kemungkinan juga melihat progres pembangunan bendungan. Bisa Bendungan Lolak atau Kuwil Kawangkoan," jelas Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, I Komang Sudana. Dihubungi terpisah terkait agenda lainnya Menteri PUPR, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sulawesi I, Recky Lahope pun mengungkapkan bahwa ada beberapa proyek BP2P yang telah tuntas dan akan diresmikan juga oleh Menteri PUPR. "Sudah selesai ada Rumah Khusus di Bolaang Mongondow Selatan dan Rusun Unima. Kemungkinan yang akan diresmikan menteri itu Rusun Unima," jelas Lahope. Hal yang sama juga diungkapkan Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sulut Erik Singarimbun melalui Humas Fonny Tumuju. "Rencananya Jalan Tol diresmikan menteri minggu depan. Tapi kayaknya ada pergeseran jadwal kedatangan," jelas Tumuju. Diketahui rencana kunjungan Menteri Basuki selain untuk meresmikan proyek Kementerian PUPR yang telah selesai dibangun, juga akan meninjau langsung proyek yang sementara dikerjakan yaitu Bendungan Kuwil Kawangkoan saat ini yaitu dalam pelaksanaan pekerjaan lanjutan pada Paket III. Sedangkan Bendungan Lolak telah rampung 93 persen progres fisiknya dan rencana akan diimpounding pada Maret mendatang. Menurut informasi dari pusat, Menteri Basuki juga direncanakan akan meninjau langsung proyek Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) KEK Likupang. (des)

Editor: Desmi Babo

Tags

Terkini

BFI Cabang Tomohon Outing di Tasikria

Minggu, 16 April 2023 | 12:06 WIB

Satker OP-SDA BWSS I Mulai Tangani Bencana Amurang

Kamis, 24 November 2022 | 11:43 WIB
X