29C
Manado
Sabtu, 6 Maret 2021

Rutin Bayar Pajak, Warga Tak Nikmati Lampu Penerangan Jalan

MANADOPOST.ID-Jalan di Kota Manado masih banyak gelap gulita. Padahal Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) mencapai Rp 5-6 miliar per bulan.

Ketua Komisi III DPRD Rony Makawata mengatakan, seharusnya dengan pembayaran PPJU yang mencapai Rp 5-6 miliar per bulan yang dipotong 10 persen dari rekening listrik masyarakat sudah bisa membuat Kota Manado terang benderang.

“Tapi nyatanya masih banyak jalan dan lorong yang gelap tidak memiliki lampu jalan,” ungkap Makawata.

Dia berharap, Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) dapat memperhatikan lampu jalan. Karena masyarakat sudah membayar pajak.

Sambung Anggota DPRD Lucky Datau. Dia mengatakan, sebagai anggota DPRD dirinya turun melakukan survei dari utara sampai selatan, banyak jalan gelap gulita. “Seharusnya Dinas Perkim memperhatikan ini. Kasihan masyarakat membayar pajak tetapi tidak menikmati lampu penerangan jalan,” ungkapnya.

Sementara itu, Manager Transaksi Energi PLN Manado Yudistira membeberkan, PPJU yang disetor ke Pemkot Manado setiap bulan itu mencapai Rp 5-6 miliar per bulan. Itu diambil dari 10 persen pembayaran listrik warga.

“Sedangkan tagihan pembayaran Penerangan Jalan Umum (PJU) ke Pemkot yaitu Rp 2,3 miliar per bulan,” ungkapnya.

Menurut Anggota DPRD Jeane Laluyan, tagihan PJU dari PLN hanya Rp 2,3 miliar per bulan. Sementara PPJU mencapai Rp 5-6 miliar. Masih ada selisi hampir Rp 3 miliar per bulan.

“Kami berharap selisi hampir Rp 3 miliar per bulan dikembalikan lagi ke masyarakat dalam bentuk penerangan jalan. Supaya masyarakat bisa menikmati penerangan jalan dari hasil membayar pajak,” pungkasnya. (ite)

Artikel Terbaru