25 C
Manado
Sabtu, 15 Mei 2021
spot_img

Astaga! THR ‘Dipotong’ PNS Buat Petisi untuk Sri Mulyani

JAKARTA—Dipastikan para abdi negara akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Namun menariknya, pemberian THR tersebut malah berbuah petisi. Saat ini petisi tersebut telah ditandatangani lebih dari 12.500 orang yang akan mencapai 15.000 tanda tangan. Petisi ini memprotes Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang memutuskan tidak memberikan penuh THR keagamaan bagi PNS. Dalam hal ini hanya diberikan sebesar gaji pokoknya saja.

Isi petisi ini ditujukan pada Menteri Keuangan Sri Mulyani yang telah memberikan pernyataan THR dan gaji ke-13 ASN tahun 2021 tanpa tunjangan kinerja. Hal ini berbeda dengan penyataan dan janjinya Agustus 2020. Yang menjelaskan THR dan gaji ke-13 ASN tahun 2021 akan dibayar full dengan Tunjangan Kinerja sebagaimana telah dilakukan pada 2019.

Menurut petisi tersebut, tak ada alasan jelas dari Kementerian Keuangan terkait kemana digesernya anggaran THR yang sudah ditetapkan pada di akhir tahun 2020 tersebut yang tiba-tiba berubah pada tahap pencairan.

Petisi inpun ditujukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meninjau kembali besaran THR dan gaji ke-13 ASN tahun 2021 agar memasukkan unsur tunjangan kinerja (atau tunjangan dengan nama lain yang berlaku di setiap K/L sebagaimana yang sudah diterapkan pada 2019.

“Untuk mendukung program pemerintah dengan meningkatkan belanja konsumsi lebaran dan tahun ajaran baru 2021,” tulisnya, sebagaimana dilansir di jawapos.com.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru