33 C
Manado
Minggu, 16 Mei 2021
spot_img

Cerita Kapolres Kep Yapen, Bikin Pimpinan KKB Cium Bendera Merah Putih Tanpa Cara Kekerasan

MANADOPOST.ID—Cara diplomatis ternyata ampuh dalam mengatasi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Seperti kisah dari Kapolres kepulauan Yapen  AKBP Ferdyan.

Dia berhasil mengajak Noak, pimpinan KKB ke pangkuan ibu pertiwi tanpa cara kekerasan. Diceritakannya, awalnya dia melakukan pendekatan kepada istri dan kakak Noak.

Setelah bekali-kali ditolak, pada akhirnya istri Noak luluh. Pintu komunikasi terbuka. Bahkan AKBP Ferdyan bisa juga berkomunikasi dengan Kakak kandung Noak.

“Memang dalam jalur damai ini, kepercayaan itu tetap masih rapuh. Saya perlu menghitung-hitung, begitu juga Noak,” ujar Kapolres.

AKBP Ferdyan akhirnya berkomunikasi menggunakan sambungan telepon dengan Noak. Menggunakan handphone kakak kandungnya Noak.

Ilustrasi. (KASATGAS HUMAS NEMANGKAWI FOR CENDERAWASIH POS)

Ilustrasi KKB Papua (Fajar JPG)

Ilustrasi KKB Papua (Jawa Pos)

Dalam sambungan telepon itu, Noak ingin mendengar secara langsung dari Ferdyan soal menghapus catatan kriminalnya. ”Ya, saya akan hapus catatan kriminalmu,” tuturnya pada Noak.

Seteah komunikasi lewat HP, akhirnya kapolres bisa bertemu langsung dengan Noak, Pimpinan KKB yang menggantikan Rudi Orarei, yang tewas dalam baku tembak dengan kepolisian beberapa tahun sebelumnya.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru