29 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

Ada ‘Musikal Negeri Bitung’ di FPSL Tahun Ini

MANADOPOST.ID – Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Sulawesi Utara (Sulut), Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) akan dilaksanakan secara online dan offline dengan menerapkan protokol kesehatan untuk memperingati 30 tahun Kota Bitung. Kota Bitung yang menjadi salah satu destinasi yang diperhitungkan di Sulut ini akan menggelar beberapa rangkaian acara, dan salah satu highlight utamanya adalah penampilan pentas ‘Musikal Negeri Bitung’.

“Ketika pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia termasuk Indonesia, Sulut dan juga kota Bitung maka kami akan meramu FPSL yang lebih aman melalui online maupun offline sesuai protokol kesehatan dan juga protokol keamanan Covid-19. Semoga FPSL bisa membangkitkan pariwisata di Kota Bitung maupun di Sulut,” kata Sekretaris Kota Bitung Dr Audy Pangemanan saat launching Road to FPSL 2020 di Warkop Kemang Manado, Rabu (30/9).

Lanjutnya, tema ‘Bersatu Dalam Keberagaman’ merupakan refleksi dari kondisi pluralitas Kota Bitung yang dibangun dan dihuni oleh berbagai etnis. Keberagaman merupakan salah satu modal yang dimiliki oleh Kota Bitung dalam upaya membangun Kota yang berbudaya dan berdaya saing.

Dikatakan, Creative producer penulis naskah, Satria Yanuar akbar, bahwa drama Musikal Negeri Bitung merupakan sebuah pertunjukan teater musikal yang memotret sebuah diorama rentang perjalanan sejarah masyarakat Minahasa hingga cikal bakal terbentuknya Negeri Bitung. “Kami berharap bisa menyampaikan pesan-pesan mulia dengan gaya kekinian agar generasi-generasi kita bisa mengetahui budaya dan tidak meninggalkan budaya. Untuk itu, kami mencoba mewarnai hidup dan semoga pesan-pesan ini bisa tersampaikan dengan baik ke masyarakat umum,” tuturnya.

Kata Satria, memang etnis di Bitung bukan hanya Minahasa saja tapi ada beberapa budaya. Pada tahap atau season pertama ini kami fokus kepada budaya Minahasa makanya kami berharap Musikal Negeri Bitung bisa berlanjut sehingga akan ada season kedua, ketiga dan selanjutnya. “Akan ada 26 lagu yang diciptakan dengan beragam genre dan gaya yang akan dilaksanakan secara offline dan online  melalui akun sosial media FB  Youtube Kota Bitung, dan beberapa stasiun TV nasional,” ungkapnya.

Ditambahkan, Sutradara Eirine Debora, bahwa pemetasan nanti akan kami kemas lebih ringan sehingga seni bukan hanya menghibur saja tapi bisa mengedukasi dan memperkenalkan budaya ke kaum milenial agar mereka tidak lupa akan asal muasal mereka.

“Kami akan bercerita tentang Negeri Bitung terbentuk, tentunya ada cerita Karem, Toar dan bagaimana bisa ada berbagai daerah di Bitung. Dalam pementasan nanti akan ada Tarsius dan Yaki serta ada unsur tari, musik dan juga vokal,” bebernya.

Sambung, penata musik Jacq Lawalata,bahwa musikal kali ini kita bawah lebih entertainer dan kita kemas secara pop, misalnya mengunakan melodi makaruyen dan dipadukan dengan pop. Semua kita padukan dan kita mix sehingga semua menjadi sajian yang baru bagi kita semua.

“Jika kita diamkan dan tidak memperkenalkan budaya dan nilai-nilainya secara terus menerus kepada generasi kita maka negeri ini akan hilang dari kebudayaan. Mari kita sambut Musikal Negeri Bitung yang telah dikemas secara modern ini sehingga tradisi dan budaya bisa dikenal dan berkembang,” tambah Dramaturg Erik Dajoh. (Lina Pendong)

-

Artikel Terbaru

Gantikan Situmorang, Moningkey Resmi  Pimpin Polres Minahasa

MANADOPOST.ID--Tongkat kepemimpinan Kepolisian Resort (Polres) Minahasa kembali berpindah. Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor 979/V/2020 tanggal 1 Mei 2020 tentang pemberhentian

Minahasa Masih Aman dari La Nina

MANADOPOST.ID--Cuaca ekstrim terus menerpa wilayah Kabupaten Minahasa. Menurut BMKG, diketahui cuaca ekstrim tersebut terjadi akibat fenomena alam La Nina yang membuat

Relaksasi Pajak Ditolak, Hasrat Punya `Mobil` Murah Buyar

MANADOPOST.ID—Rencana penghapusan pajak mobil baru akibat dampak Coronavirus Disease (Covid-19), buyar. Sempat disambut baik oleh masyarakat Sulut karena berkesempatan membeli mobil murah, nyatanya rencana ini ditolak Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sudah Empat Tenaga Kontrak `Dieksekusi`

MANADOPOST.ID—Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi kembali menunjukkan ketegasannya dengan memberhentikan dua tenaga kontrak yang terbukti tidak netral dalam Pilkada.

Angka Kehamilan Naik

MANADOPOST.ID—Terhitung sejak Januari sampai dengan September 2020, angka kehamilan di Kabupaten Sangihe mengalami peningkatan.