29 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

Sah Ditunjuk PDI Perjuangan Pimpin DPRD, Ini Agenda Pertama Silangen

MANADO—dr Fransiscus Andi Silangen SpB KBd sah diumumkan PDI Perjuangan sebagai Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara. Menggantikan Andrei Angouw, yang dicalonkan di Pilwako Manado dan harus mengundurkan diri dari kursi legislator.

Silangen saat diwawancarai Manado Post mengaku sedang berada di luar daerah saat menerima informasi ini. “Saya petugas partai. Jadi saya akan melaksanakan amanat sebagai ketua dewan dengan sebaik-baiknya. Saya siap bersinergi dengan pimpinan dan anggota DPRD lainnya, dalam menjalankan program-program. Termasuk juga menjalin hubungan kemitraan dengan eksekutif,” sebut politikus yang berlatarbelakang dokter bedah ini.

Dia melanjutkan, dalam menjalankan tugas baru ini, tak banyak perubahan yang terjadi karena jabatan itu sebelumnya dipegang rekan separtainya. “Ya, perubahan tidak akan signifikan. Kan sebelumnya Pak Andrei Angouw di jabatan ketua dewan. Sama-sama dari PDI Perjuangan. Apa yang sudah dikerjakan Pak Andrei akan saya lanjutkan,” urai legislator dapil Nusa Utara ini.

Dia menilai, tujuan seorang wakil rakyat adalah bagaimana mensinergikan program yang didapat dari masyarakat dengan eksekutif. “Tujuan utamanya adalah kesejahteraan masyarakat. Saya siap bekerja untuk rakyat,” tegas dokter Andi, sapaan akrabnya.

Lebih jauh mengenai program pertama yang akan dilakukan jika nanti sudah dilantik sebagai ketua dewan, kata Silangen, adalah berkoordinasi dengan pimpinan dan anggota dewan. “Selama setahun di DPRD saya belajar banyak. Istilahnya learning by doing. Saya memperhatikan tiga tugas dan fungsi legislator. Yakni legislasi, budgeting, dan pengawasan. Sudah maksimal yang dilakukan selama ini, tapi tentu dari saya akan ada program sendiri untuk memaksimalkan tugas-tugas itu,” urainya.

Silangen komitmen akan berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pimpinan dan semua anggota dewan. “Tentu ini akan melalui rapat dan komunikasi dengan pimpinan dan anggota. Saya jaga jangan sampai ada komunikasi terputus. Kita juga akan terus bangun kemitraan dengan eksekutif agar bisa sejalan dalam menunjang pembangunan daerah yang jadi program eksekutif,” tukas Silangen.(gel)

-

Artikel Terbaru

Gantikan Situmorang, Moningkey Resmi  Pimpin Polres Minahasa

MANADOPOST.ID--Tongkat kepemimpinan Kepolisian Resort (Polres) Minahasa kembali berpindah. Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor 979/V/2020 tanggal 1 Mei 2020 tentang pemberhentian

Minahasa Masih Aman dari La Nina

MANADOPOST.ID--Cuaca ekstrim terus menerpa wilayah Kabupaten Minahasa. Menurut BMKG, diketahui cuaca ekstrim tersebut terjadi akibat fenomena alam La Nina yang membuat

Relaksasi Pajak Ditolak, Hasrat Punya `Mobil` Murah Buyar

MANADOPOST.ID—Rencana penghapusan pajak mobil baru akibat dampak Coronavirus Disease (Covid-19), buyar. Sempat disambut baik oleh masyarakat Sulut karena berkesempatan membeli mobil murah, nyatanya rencana ini ditolak Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sudah Empat Tenaga Kontrak `Dieksekusi`

MANADOPOST.ID—Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi kembali menunjukkan ketegasannya dengan memberhentikan dua tenaga kontrak yang terbukti tidak netral dalam Pilkada.

Angka Kehamilan Naik

MANADOPOST.ID—Terhitung sejak Januari sampai dengan September 2020, angka kehamilan di Kabupaten Sangihe mengalami peningkatan.