29.6 C
Manado
Kamis, 13 Mei 2021
spot_img
spot_img

Tolak KKB Papua Dilabeli Teroris, Begini Penjelasan Komnas HAM

MANADOPOST.ID – Ditetapkannya Kelompok Kriminal Bersenjata Papua (KKB Papua) sebagai teroris, menuai pro kontra.

Pasalnya banyak pihak yang menolak KKB Papua dicap sebagai teroris, salah satunya Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM)

Ilustrasi KKB di Papua

Dikutip dari Jawa Pos, Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara mengatakan penyematan atribut teroris terhadap KKB tersebut tidak akan menghentikan permasalahan.

“Papua ini keadaannya semakin rumit, apalagi terakhir pemerintah sudah menetapkan KKB sebagai kelompok teroris, dan ini saya kira merumitkan keadaan dan berpotensi memperpanjang siklus kekerasan yang sampai saat ini tidak berhenti,” ujar Beka dalam diskusi secara virtual di Jakarta, Senin (3/5).

Dua orang yang diduga anggota KKB naik ke puing pesawat sambil menunjukkan senjatanya. (SEBBY SEMBOM FOR CEPOS)

Meski begitu, Beka setuju, KKB yang terus-terusan menebarkan ancaman sehingga menyebabkan timbulnya korban jiwa harus segera dihentikan. Aparat keamanan perlu memburu mereka.

“Siapapun pelaku kekerasan ya harus dikejar, ditangkap, dan diadili dalam proses pengadilan yang fair dan terbuka. Sehingga publik bisa melihat sampai di mana kekuatan KKB ini,” ungkapnya.

Ratusan prajurit TNI AD berjuluk Pasukan Setan dari Kodam Siliwangi, yang bakal diterjunkan ke wilayah operasi Papua khusus memburu KKB. (Foto: screenshot ig kodam siliwangi)

Sebelumnya, Menko Polhukam, Mahfud MD menyebutkan, organisasi atau KKB yang melakukan kekerasan di Papua dikategorikan sebagai teroris.

Kelompok sipil bersenjata di Papua dikategorikan sebagai teroris, kata Mahfud, berdasarkan ketentuan UU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 15 Tahun 2003 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

Dalam UU itu disebutkan, teroris adalah orang yang merencanakan, menggerakkan, dan mengorganisasikan terorisme. (tr-01/Jawa Pos)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru