31.4 C
Manado
Rabu, 4 Agustus 2021
spot_img

265 Orang Meninggal Terpapar Covid-19 saat Isolasi Mandiri

MANADOPOST.ID – Dalam sebulan terakhir, jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia terus mengalami peningkatan. Angka kasus penularan juga terus melonjak tajam.

Tim LaporCovid-19 Said Fariz Hibban mengatakan, fenomena ini menjadi potret nyata kolapsnya fasilitas kesehatan yang menyebabkan pasien Covid-19 kesulitan mendapatkan layanan medis yang layak.

“Situasi ini diperparah oleh komunikasi risiko yang buruk, yang menyebabkan sebagian masyarakat menghindari untuk ke rumah sakit dan memilih isolasi mandiri,” ujar Said dalam keterangannya, Sabtu (3/7).

Said menuturkan, berdasarkan hasil penelusuran tim LaporCovid-19 di sosial media Twitter, berita online, dan laporan langsung warga ke LaporCovid-19, pihaknya menemukan 265 pasien Covid-19 meninggal dunia saat isolasi mandiri di rumah.

“Menemukan sedikitnya 265 korban jiwa yang meninggal dunia positif Covid-19 dengan kondisi sedang isolasi mandiri di rumah, saat berupaya mencari fasilitas kesehatan, dan ketika menunggu antrean di IGD rumah sakit (RS),” katanya.

Menurut Said, kematian di luar fasilitas kesehatan ini terjadi hanya selama bulan Juni-2 Juli 2021. Sehingga dia prihatin dengan kondisi tersebut.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru