29C
Manado
Kamis, 21 Januari 2021

Pelayanan Disdukcapil Dikeluhkan

MANADOPOST.ID—Menjelang hari pemungutan suara pada 9 Desember mendatang, Kantor Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) diserbu ratusan warga.

Bahkan Kantor Disdukcapil Minsel tak mampu menampung warga yang datang melakukan perekaman e-KTP. Karena syarat utama untuk menyalurkan suara dalam pemilihan nanti, adalah adanya e-KTP setiap pemilih.

Salah satu warga Kecamatan Amurang yang tak mau namanya dikorankan, mengeluhkan terkait sistem pelayanan di Disdukcapil Minsel. Menurutnya, Disdukcapil sebagai organisasi pemerintahan tidak memiliki sistem pelayanan yang profesional serta nyaman.

“Saya datang ke sini, bukan baru hari ini. Sudah tiga hari saya kemarin hanya untuk pembuatan KTP. Kenapa saya sampaikan pelayanan Disdukcapil Minsel tidak profesional? Karena setiap kali saya datang harus membaya berkas. Kemarin, mereka sampaikan berkas ditinggalkan dimeja pendaftaran untuk selanjutnya diproses. Namun ketika saya datang, mereka sampaikan berkas sudah hilang. Ini tidak profesional,” imbuhnya.

Bahkan dirinya menilai Disdukcapil tak mau kerja berat dan hanya menunggu bola. “Kalau memang setiap hari warga yang datang sudah menumpuk begini, tentu mereka jemput bola dong. Ini kan sudah tidak sesuai protokol kesehatan.

Memangnya tidak bisa perekaman buat di desa maupun kelurahan? Kan lebih teratur dan semua bisa terlayani. Ini mereka hanya duduk dan menunggu warga yang datang. Saya pikir mereka lagi berusaha untuk meningkatkan perekaman, ternyata sistem pelayanan seperti ini. Mengecewakan tentunya,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Minsel Corneles Mononimbar, dalam upaya konfirmasi koran ini di dua hari terakhir enggan untuk memberikan banyak komentar. Dirinya hanya mengimbau masyarakat yang belum merekam e-KTP untuk segera datang ke kantor.

“Bagi yang belum merekam e-KTP, langsung saja datang ke kantor. Sedangkan yang sudah rekam, namun belum memiliki fisik, bisa datang untuk mengecek,” singkatnya. (ewa/gel)

Artikel Terbaru