26.4 C
Manado
Sabtu, 24 Juli 2021

Angka Covid-19 Naik Drastis, Ini Tanggapan Billy Lombok Soal Sekolah dan Ibadah Online

MANADOPOST.ID—Tren penambahan kasus positif Covid-19 di Sulawesi Utara belakangan ini mengalami peningkatan drastis. Bahkan menurut Satgas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulut, terjadi peningkatan mencapai 200 persen setelah libur Lebaran.

Hal ini mendapat perhatian DPRD Sulut. Wakil Ketua DPRD Sulut Billy Lombok. Dia mengatakan, pemerintah harus segera bertindak untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Protokoler Covid-19 serta awareness sangat perlu ditingkatkan. Satgas Covid-19 harus diperbanyak untuk daerah potensi ramai. Khususnya tempat umum, restoran, lounge, dan tempat yang didatangi banyak orang. Okupansi tidak boleh melebihi setengah, sirkulasi udara dengan filter yang memadai, jarak harus disiplin. Biarpun bersama kenalan/keluarga, bahkan terakhir masker tidak boleh dibuka lebih dari 5 detik,” tegas Lombok.

Lebih jauh dia mengingatkan pemerintah mengenai dampak lain dari naiknya kasus Covid-19. “Perekonomian jalan tapi keselamatan rakyat yang utama. Kami mendorong volume tracing PCR tidak diturunkan. Bahkan harus ditambah. Kita dukung tindakan tegas syarat PCR ditambah test antigen bukan hanya di airport tapi di pelabuhan juga,” tukasnya.

Sekretaris Partai Demokrat Sulut ini juga mengatakan, di daerah zona hijau harus dijaga alur masuk dan keluar. “Di zona ini, aktivitas bisa normal tapi tidak boleh lengah dengan protokol masuk,” tambah Lombok.

Selanjutnya, vaksinasi salah satu kunci utama. “Peribadatan online tidak akan mengurangi iman, tapi merupakan kebiasaan baru dalam periode ini. Kemudian mengenai persekolahan mohon dipertimbangkan, khususnya anak-anak,” kunci Lombok.(gel)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru