30 C
Manado
Jumat, 4 Desember 2020

Ekonomi Digital Penting untuk Peningkatan Produktifitas dan Lapangan Pekerjaan

MANADOPOST.ID – Ekonomi digital merupakan aspek ekonomi yang berbasiskan pada pemanfaatan dan pemberdayaan teknologi informasi dan komunikasi digital. Ekonomi digital ditopang oleh penyebaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di semua sektor bisnis untuk meningkatkan produktivitasnya. Hal ini dikatakan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara (Sulut) Eko Irianto, pada Media Gathering, Selasa (3/11).

Lanjutnya, ekonomi digital ini penting karena adanya peningkatan produktifitas dan terbukanya lapangan pekerjaan. “Jadi dengan bantuan teknologi digital banyak jumlah usaha dan bisnis yang survive dan berkembang. Hal ini tentu akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan mengurangi tingkat pengangguran. Hingga pada akhirnya hal ini akan memberikan dampak positif pada perekonomian,” terangnya.

Dirinya memberikan contoh, Grab dan Gojek sebagai salah satu startup yang berkembang dengan cepat melalui pelayanan transportasi. Gojek ini memberikan dampak ekonomi yang baik bagi para driver sehingga pemerataan ekonomi masyarakat Indonesia semakin baik. Begitu juga dengan, OVO, Dana dan lainnya sebagainya yang bisa menyerap banyak tenaga kerja.

“Kami berbahagia bisa bertemu lagi dengan rekan-rekan wartawan. Selama ini sinergitas yang terjalin antara BI dengan wartawan sudah baik,” tambah Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulut Arbonas Hutabarat.

Dirinya mengingatkan agar wartawan untuk selalu membawa kebenaran khususnya dalam pemberitaan terkait ekonomi. “Karena itu BI membekali wartawan dengan pelatihan-pelatihan soal ekonomi. Apalagi BI berbicara mengenai kebijakan moneter, makro prudensial, dan sistem pembayaran. Dan hal ini harus dapat sampai ke masyarakat melalui media massa. Sebagus-bagusnya kebijakan kami tanpa diketahui masyarakat tentu tidak ada apa-apanya,” ujarnya.

“Sejelek-jeleknya berita kalau dikemas dengan baik dan dikomunikasikan konsisten maka akan jadi berita yang bagus. Tetapi sebagus-bagusnya berita tapi kalau dikomunikasikan dengan negatif dan konsisten maka akan jadi berita yang negatif,” tutup Arbonas. (Lina Pendong)

-

Artikel Terbaru

Desa Wisata Candirejo Borobudur Tawarkan Sensasi Budaya Jawa

Salah satu desa wisata tradisional yang terkenal #DiIndonesiaAja adalah Desa Penglipuran, Bali. Nah, selain itu, masih banyak desa wisata tradisional lain, termasuk yang lokasinya tak jauh dari Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Bajeto 341 Lingkungan Solid Menangkan JGE-VB

Kekuatan pendukung dan simpatisan Pasangan Calon (Paslon) Jilly Gabriella Eman-Virgie Baker, (JGE-VB) kian hari terus bertambah.

Pilih Mor, Rekaman Bersama Enda Ungu

Personel Band Ungu Franco Medjaya Kusumah atau akrab disapa Enda, menunjukkan keseriusannya memenangkan Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan-Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP).

VAP – HR Merajai Pelosok Sulut

Sosok calon Gubernur Sulut Dr (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh yang selalu peduli masyarakat kecil, terus dicintai warga hingga di daerah pelosok di 15 kabupaten/kota se-Sulut.

Perhatian-perhatian! Pintu Teater Dibuka 5 Desember

"Perhatian-perhatian. Pintu teater telah dibuka. Bagi Anda yang telah memiliki karcis dipersilahkan untuk memasuki ruangan teater…” Rindu dengar kalimat tersebut? Sebentar lagi rindu anda terobati.