31 C
Manado
Rabu, 28 Oktober 2020

Jendral Kawanua Penentu Strategi TNI

MANADOPOST.ID—Masyarakat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) patut berbangga. Daerah ini terus menghasilkan putra-putri terbaik bangsa. Pada momen HUT ke-75 TNI Senin 5 Oktober 2020, Manado Post mengulas beberapa jenderal TNI berdarah kawanua, yang saat ini sedang bertugas di daerah lain. Kesuksesan mereka layak ditiru orang-orang muda di Nyiur Melambai.

Pertama ada Mayjen TNI Wanti Waranei Franky Mamahit. Saat ini dirinya sementara mengemban tugas sebagai Panglima Divisi Infanteri 3/Kostrad sejak 9 April 2020. Wanti, merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Dirprogbangdik Debid Dik Pim Tk Nasional Lemhannas. Tahun 2017-2018, Mayjen Mamahit pernah tugas sebagai Irdam XIII/Merdeka.

Selanjutnya ada Kepala Staf Komando Operasi Angkatan Udara III Marsekal Pertama TNI Hesly Paat. Mantan Komandan Lanud Sam Ratulangi Manado ini, merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1989. Jabatan sebelumnya yaitu Komandan Lanud Abdul Rachman Saleh.

Kemudian ada Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia dan Teknologi Kementerian Politik, Hukum, dan Keamanan Mayjen TNI Alfret Denny Tuejeh. Tuejeh merupakan lulusan Akademi Militer 1988 dari kecabangan Artileri Medan (Armed). Dalam rekam jejaknya, jenderal kelahiran Tataaran, Tondano Selatan, Minahasa, Sulawesi Utara ini pernah menjabat Danyon Armed 12/Angicipi Yudha dan Danrem 121/Alambhana Wanawai (2014).

Putra Kawanua (orang Minahasa) ini juga pernah ditugaskan sebagai Pamen Denma Mabesad (2014) dan Kadispenad pada 2017. Kariernya terus naik dengan menjabat Kasdam XII/Tanjungpura (2018) dan kini Staf Ahli Bidang SDM dan Teknologi Kemenko Polhukam (2020).

Lalu ada Marsma TNI Donald Kasenda. Lahir di Remboken, Kabupaten Minahasa, perwira tinggi bintang satu ini saat ini dipercaya sebagai Kepala Dinas Pengamanan dan Sandi TNI AU (Kadispamsanau).

Diterima menjadi Calon Prajurit Taruna, dan dilantik sebagai Letnan Dua pada tahun 1991. Selanjutnya mengikuti pendidikan Sekbang dan diwisuda (Wing Day) sebagai Penerbang pada tahun 1994. Mengikuti pendidikan Sekkau pada tahun 2000. Seskoad pada tahun 2005. Sesko TNI 2016.

Masih dari TNI AU. Marsda TNI Julexi Tambayong. Dirinya saat ini baru diangkat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI. Kemenhan diketahui saat ini sedang dipimpin oleh putra Langowan, Menhan Prabowo Subianto.

Marsda Tambayong, saat ini masih menjabat Tenaga Ahli Pengajar Bidang Hubungan Internasional Lemhanas RI. Tambayong diketahui lahir di Manado, Agustus 1964. Adalah perwira tinggi TNI Angkatan Udara. Julexi, diterima sebagai lulusan AAU tahun 1988 oleh Presiden RI dan dilantik dengan pangkat Letda pada tanggal 26 Juli 1988.

Terakhir Brigjen TNI Rano Tilaar. Tuama Tondano yang kini menjabat sebagai Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama. Mengawali karir kemiliteran sejak tahun 1989, peraih Nyong Manado dan Nyong Sulut tahun 1988 ini masuk pendidikan militer di Akabri dengan rekomendasi khusus pemerintah provinsi kala itu.

Di bawah Gubernur CJ Rantung. Selama kurang lebih lima tahun, dari 1995 sampai 2000 dirinya menjalani tugas dan tanggung jawab di Grup 2 Kopassus sebelum direkomendasikan untuk menimba pendidikan Sandhi Yudha (Intelijen) Kopassus. Dalam tugasnya di Grup 3 Sandhi Yudha, Kolonel Tilaar kerap kali ditugaskan dalam fungsi intelijen di berbagai daerah di Indonesia. Seperti, penugasan intelijen di perbatasan Kalimantan-Malaysia, di Aceh saat kundisi darurat militer dan di Papua.(gnr)

-

Artikel Terbaru

Warga Minut Kepulauan Antusias Sambut VAP

Calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mendapat dukungan.

Samsung Home Appliances Hadirkan Solusi Hidup Sehat

MANADOPOST.ID—Samsung Electronics Indonesia hari ini resmi meluncurkan rangkaian Home Appliances terbaru untuk mendukung konsumen Indonesia yang kini melakukan sebagian besar kegiatan di rumah. Samsung Refrigerator Multidoor RF60 ciptakan kemudahan penyimpanan banyak bahan makanan dengan pengaturan suhu spesifik sesuai tipe makanan untuk menjaga kesegarannya.

Operasi Zebra di Minahasa Jaring Puluhan Pelanggar

MANADOPOST.ID--Senin (26/10) kemarin adalah hari pertama digelarnya Operasi Zebra Samrat 2020. Khusus untuk wilayah Polres Minahasa, puluhan personil terlibat dalam operasi tersebut.

80-an Pasangan Bulutangkis Ramaikan GOR Betania Teling

Pecinta bulutangkis Sulawesi Utara memang dahaga. Terbukti, 80-an pasangan ikut serta dalam iven bertitel Manado Post Open 2020.

Belum 17 Tahun Bisa Memilih, Begini Penjelasan KPU

MANADOPOST.ID--Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020, saat ini tengah memasuki pelaksanaan tahapan kampanye. Meski begitu, literasi dan edukasi, tentang data pemilih terus menjadi concern KPU Kota Tomohon.