22 C
Manado
Selasa, 27 Oktober 2020

Mal Cs Segera Dibuka, Pemda: Jika Darurat Covid-19 Telah Dicabut

MANADOPOST.ID—Siapa yang tak rindu mengunjungi pusat keramaian seperti mal dan melakukan aktivitas seperti sebelum Covid-19? Selama masa darurat pandemi Covid-19 belum dicabut, warga harus tetap bersabar, sembari tetap menjalankan anjuran protokol kesehatan.

Kota Manado yang dikenal sebagai barometer pusat perekonomian di Sulut, belum memikirkan untuk membuka pusat keramaian seperti mal cs. Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Manado, melalui Kasat SatPol-PP Kota Manado Yohanis Waworuntu mengatakan, mal di Manado dibuka kalau masa darurat Covid-19 selesai.

“Jika Presiden sudah mencabut masa darurat Covid-19 baru mal dibuka di Manado,” sebutnya saat diwawancarai Manado Post, Jumat (5/6) kemarin.

“Kalau sudah ada daerah yang membuka mal, itu karena tiap daerah memiliki karekteristik berbeda-beda. Kemungkinan mereka sudah disiplin dalam protokoler kesehatan, yaitu wajib menggunakan masker, social distancing, physical distancing dan rajin cuci tangan,” ujarnya.

Menurut dia, Manado tidak bisa ikut seperti daerah lain. Karena tren  kasus Covid-19 lagi sementara naik. “Sedangkan belum buka mal kasusnya naik, apalagi dibuka. Jadi kita lebih baik mencegah dari pada mengobati,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan mengatakan, belum ada rencana untuk membuka mal. “Kita lihat perkembangan yang ada,” singkatnya.

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, juga mengaku kebijakan pengoperasian kembali mal dan pusat perbelanjaan lainnya, tergantung pemerintah Kota Manado. “Bisa cek ke pemkot (Manado) itu. Wilayah mereka,” singkat Kandouw.

Akhir Mei lalu, Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) resmi mengeluarkan aturan menyambut ‘era’ baru. Jantung ekonomi (pusat keramaian, red) yaitu lokasi-lokasi jual-beli yang ditutup karena Covid-19, tak lama lagi kembali bergeliat di sejumlah daerah yang telah dipilih pemerintah pusat, layak menerapkan new normal di pusat keramaian.

Mendagri Tito Karnavian menerbitkan Keputusan Mendagri (Kepmen) Nomor 440-830/2020, tentang Pedoman Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman dari Covid-19 bagi ASN di Lingkungan Kemendagri dan Pemerintah Daerah. Kepmen yang diterbitkan Tito juga memuat protokol kenormalan baru untuk pusat keramaian, yakni pasar, mal, dan pertokoan.

CEO FreshMart Andy Sumual membeber, hingga saat ini FreshMart tetap beroperasi dan melayani kebutuhan masyatakat. Namun dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Pihaknya memberikan batas bagi para pengunjung yang akan masuk dan berbelanja di dalam toko.

“Ada batasan yang diterapkan.  Pengunjung harus antre. Selain itu kami juga menyediakan tempat cuci tangan dan semua yang masuk wajib menggunakan masker dan diukur suhu tubub,” katanya.

Dia menekankan, sebagai pelaku usaha, pihaknya mendukung penuh aturan yang diterapkan pemerintah. “Kami buka karena melayani kebutuhan masyarakat sehari-hari. Tapi tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya memastikan.

Sebagai pengusaha, mereka menyambut baik akan New Normal ini beserta panduannya yang berlaku di retail modern. Selaku toko yang menjual bahan kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat, pihaknya mengaku telah melaksanakan protokol pencegahan Covid-19 di semua jaringan toko.

Yang meliputi penyediaan sarana cuci tangan dan hands sanitizer, wajib pengukuran suhu tubuh, wajib penggunaan masker, untuk kasir ditambah face shield dan tirai pembatas. Lalu pengaturan jarak antrean kasir dan jarak pengunjung 1 sama lain. Hingga adanya pembatasan pengunjung yang masuk ke dalam toko, jika sudah terlalu padat.

“Kami menyediakan tempat duduk bagi yang mengantre di luar sesuai maklumat wali kota, termasuk pengurangan jam operasional menjadi jam 9 pagi hingga 9 malam,” paparnya.

Lanjutnya, penerapan uang non tunai pun sudah sering disosialisasikan. Dibantu dengan adanya promo-promo dari bank vendor, selaku mitra bisnis.

“Harapannya orang akan lebih sering berbelanja dengan non tunai. Kami juga telah menyediakan Fresh Online Service, yang bisa digunakan oleh masyarakat yang #Di Rumah Saja, sehingga tidak saja mengurangi kepadatan di toko, juga mulai membiasakan pelanggan akan situasi New Normal ini. Jadi pada prinsipnya kita sudah siap untuk mendukung apa saja yang ditetapkan pemerintah untuk menyambut New Normal ini,” kunci Sumual.

Sementara itu, Direktur Operasional Mantos Rudini Wijaya, melalui GM Yono Akbar mengatakan, pada prinsipnya Mantos masih menunggu dari pemerintah setempat. Lalu siap mendukung dan menjalankan protokol Covid-19 yang akan diberlakukan.

“Kita akan mengimbau dan mendorong semua pengunjung untuk menaati protokol kesehatan jika nantinya dibuka. Untuk batas maksimum pun akan diberlakukan tapi harus menunggu pertimbangan,” katanya.

Untuk pembayaran cashless, dia memastikan, semua tenant di Mantos memiliki mesin Electronic Data Capture (EDC). Jadi pengunjung pun bisa melakukan pembayaran secara non tunai. “Itu pun akan kami terapkan sebagai langkah mendukung program pemerintah saat New Normal nanti, ” tukas Akbar.

Diketahui, kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diterapkan, mampu menekan penularan Covid-19. “Namun, di sisi lain juga menyebabkan berbagai aspek kehidupan ikut terdampak,” ujar Tito, dikutip dari lembaran Kepmen tersebut.

Tito juga mengatakan, relaksasi penerapan PSBB bisa dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini dilakukan sebagai upaya mengembalikan aktivitas pemerintahan dan masyarakat selayaknya seperti kondisi sebelum pandemi Covid-19. “Inilah yang disebut dengan masyarakat produktif dan aman Covid-19,” ungkap Tito.(ayu/ite/gnr)

-

Artikel Terbaru

Silangen Dilantik, MJP Tantang Tetap Kritis pada Pemprov

Ketua DPRD Provinsi Sulut dr Fransiscus Andi Silangen sah dilantik, kemarin. Banyak ucapan dan harapan mengalir dari rekan sekerjanya di DPRD Sulut. Salah satunya dari personel Komisi IV DPRD Sulut Melky J Pangemanan (MJP).

Taati Protokol Kesehatan saat Berlibur, Clay: Harus Disiplin dan Peduli

Akhir pekan ini, bakal ada libur nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad, 28-30 Oktober. Momen liburan panjang seperti ini biasanya dimanfaatkan untuk liburan. Mengingat pandemic Covid-19 belum berlalu, Pjs Bupati Clay JH Dondokambey SSTP MAP pun meminta masyarakat Minahasa Utara yang hendak berlibur, agar menerapkan protokol kesehatan secara disiplin supaya tidak terjadi kenaikan kasus Covid-19.

Warga Bitung Siap Bawa Kemenangan untuk VAP-HR

Dukungan untuk calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mengalir. Warga dari segala penjuru Sulut tak henti menyatakan dukungan untuk paslon nomor urut dua yang diusung partai NasDem ini. Seperti terpantau Senin (26/10), saat VAP-HR menggelar kampanye terbatas di sejumlah lokasi di Bitung, antusias warga tak terbendung meski kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

Keke Minahasa Lolos Pantukhir Seleksi WARA Tingkat Sulut

Mariska Onibala, berhasil lolos kegiatan penentuan terakhir (pantukhir) seleksi Penerimaan Bintara PK (WARA) Wanita Angkatan Udara Gelombang II TA 2020, di Balai Prajurit Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi, Manado, Sulut, Senin (26/10).

Nostalgia di Persekolahan Advent Unklab, Clay: Saya Jualan Roti

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Minut Clay June Dondokambey SSTP MAP, Senin (26/10) diundang ke talkshow Unklab Adventist Laboratory School. Kepala Biro Umum Pemprov Sulut ini pun diajak bernostalgia di Persekolahan Advent Unklab.