24 C
Manado
Minggu, 25 Oktober 2020

Syukuran Sederhana HUT TNI ke-75 di Kodam/XIII Merdeka

Tak ada gelar pasukan secara besar-besaran. Juga atraksi memukau. Telebih rangkaian kegiatan meriah. Namun komitmen menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI, lebur menjadi satu dalam momen HUT ke-75 TNI yang digelar di Makodam XIII/Merdeka, Senin (5/10).

Laporan: Revliando Abdillah, Manado

BERBEDA dari tahun-tahun sebelumnya. Peringatan HUT TNI dilaksanakan virtual dari Istana Negara. Dimulai sekira pukul 10.00. Dengan tema ‘Sinergitas untuk Negeri’, 5 Oktober 1945 – 5 Oktober 2020.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai Inspektur Upacara. Diikuti beberapa pejabat negara. Halnya perayaan di Sulut. Kodam XIII/Merdeka, Lantamal VIII/Manado dan Lanudsri Manado mengikuti upacara tersebut dari Aula Grhadika Jaya Sakti Makodam XIII/Merdeka, Teling, Manado.

Forkopimda Bumi Nyiur Melambai hadir dengan protokol kesehatan yang ketat. Mengikuti upacara secara virtual yaitu Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Matondang, Danlantamal VIII Brigjen TNI (Mar) Donar Rompas, dan Danlanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram Tumanduk.

Hadir juga Pjs Gubernur Agus Fatoni, Kapolda Irjen Pol Panca Putra, Kajati Sulut Andi Muh Iqbal Arief SH MH, Kepala BNN Provinsi Sulut Brigjen Pol Jefri Viktor Lasut, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Junior Tumilar, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong.

Juga pejabat teras Kodam XIII/Merdeka, Lantamal VIII dan Lanudsri Manado, serta para pengurus Persit KCK PD XIII/Merdeka, Jalasenastri dan Pia Ardhya Garini. Diawali dengan menyanyikan lagu hening cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang dipimpin Presiden. Dilanjutkan dengan pengucapan Sapta Marga dan Tanda kebesaran buka serta Pembacaan Kepres. Amanat dan salam kebangsaan sambil berkumandangnya lagu “Indonesia Raya”.

Setelah upacara, dilaksanakan video confrence oleh Presiden yang menyapa beberapa satgas TNI. Forkopimda tampak antusias mengikuti upacara virtual tersebut. Sementara para pejabat TNI dan tamu undangan lainnya mengikuti dari luar aula.

Setelah upacara, dilanjutkan dengan syukuran. Suasana keakraban terasa yang diiringi dengan suara kolintang. Dan dilaksanakan pemotongan tumpeng. Juga Kapolda bersama Gubernur dan Kajati menyerahkan masker kepada jajaran TNI. Serta pemberian hadiah bagi pemenang lomba.

Pangdam Santos menyampaikan, bersyukur atas berkat Tuhan, upacara HUT TNI secara nasional boleh berjalan baik.

“Upacara yang dipimpin langsung pak Presiden secara virtual dapat berjalan dengan lancar. Terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Forkopimda dan tamu undangan yang hadir di Makodam. TNI terdiri dari AD, AL dan AD. Kami telah berkoordinasi tentang pelaksanaan upacara HUT TNI. Dan atas kesepakatan, ditunjuklah Kodam XIII/Merdeka menjadi tempat acara,” ungkapnya.

Lanjut Pangdam, syukuran HUT merupakan bentuk ungkap terima kasih dan rasa syukur kepada Tuhan. “Sehingga di usai ke 75 tahun, TNI dapat terus eksis mengabdi kepada Nusa dan Bangsa. Serta momentum yang sangat berharga bagi seluruh prajurit TNI untuk menumbuhkan jiwa korsa, rasa bangga dan rasa memiliki. Sekaligus wahana evaluasi dan instrospeksi diri,” tegasnya.

Telebih dalam situasi penanganan Covid-19 dan tahapan Pilkada serentak 2020. “Dalam situasi Covid-19, peran TNI sangat diharapkan dalam mengatasi penyebaran. Saya berharap agar semua anggota TNI di wilayah Sulut, berperan aktif dalam memutus penyebaran Covid-19.

Selain itu, dalam menghadapi tahapan Pilkada serentak. TNI berkomitmen akan tetap menjaga netralitas,” ungkapnya menambahkan keberadaan TNI selama 75 tahun tidak akan ada artinya tanpa dukungan seluruh rakyat dan komponen bangsa.

“Saya mengungkapkan rasa apresiasi yang mendalam kepada seluruh mitra kerja TNI. Khususnya di wilayah Sulut atas dukungan dan kerja samanya. Sehingga TNI dapat bekerja sama secara optimal untuk menunaikan tugas yang diemban. Ke depan TNI akan terus menjaga sinergitas dengan komponen bangsa lainnya dalam membangun bangsa dan negara. Dirgahayu TNI,” tandas Mayjen Santos.

Pjs Gubernur Agus Fatoni mengatakan, bersyukur memiliki TNI sampai saat ini. “Usia ini sama dengan usia berdirinya NKRI. Bermakna sampai hari ini. Negara tetap berdiri kokoh dan berdaulat, berkat peran serta TNI di seluruh Indonesia. Maka kita patut bersyukur dan berbangga memiliki TNI yang kuat sampai pada saat ini,” tegasnya.

Lanjutnya, peran TNI juga penting dalam penanggulangan Covid-19. “HUT TNI sangat berbeda. Ini akan menjadi catatan sejarah yang diperingati dalam situasi Covid-19. Maka peran kita semua juga TNI sangat penting dalam memutus penyebaran Covid-19. TNI sebagai garda terdepan dalam pertahanan dan menjaga kedaulatan negara. Memegang peran penting dalam kehidupan bermasyarakat. Menjadi panutan di lingkungan masyarakat. Maka peran TNI memutus penyebaran Covid-19 sangat menentukan. Saya berterima kasih atas peran serta dan keikutsertaan TNI dalam mencegah penularan,” ungkapnya.

Fatoni juga menyinggung pentingnya agenda nasional 2020. “Ini menjadi tanggung jawab besama di posisi masing-masing. Maka dukungan dari TNI dalam pelaksanaan Pilkada sangat penting dalam rangka mencapai sukses penyelenggaraan. Tahapan Pilkada sampai saat ini masih berlangsung aman, lancar dan tertib,” terangnya, sembari mengatakan terima kasih atas dukungan kepada Pemrov Sulut.

“Bersama membangun dan mengamankan serta menyelenggarakan pemerintah. Baik dalam pembangunan dan bidang kemasyarakatan. Penghargaan tinggi kepada TNI yang ikut secara aktif menyukseskan program pemerintah. Terima kasih atas kinerja, kerjasama dan sinergi. Semoga TNI tetap solid, profesional dan dicintai rakyat,” tutup Fatoni.(ctr-02/gnr)

-

Artikel Terbaru

Ibadah Sabat di GMAHK Tompaso, Hamba Tuhan Doakan VAP Jadi Gubernur Sulut

Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP), Sabtu (24/10) beribadah Sabat di Gereja Advent Hari Ke Tujuh (GMAHK) Jemaat Pioner Kamanga, Tompaso, Minahasa.

SGR-NAP Nomor Satu di Minut, Pemimpin Tanah Tonsea 2021

Calon Bupati Shintia Gelly Rumumpe dan Calon Wakil Bupati Netty Agnes Pantouw (SGR - NAP) nomor satu di Minahasa Utara (Minut).

Avanza Terbalik di Turunan Senduk, Penumpang Ada Anak Kecil dan Lansia

Kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di Jalan Trans Sulawesi tepatnya di Desa Senduk, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa, Sabtu malam (24/10).

Massa Membludak, WL Tunda Kampanye Dialogis di Tara-Tara

Tahapan kampanye calon peserta pilkada sementara berlangsung. Termasuk para pasangan calon di Pilwako Tomohon. Ketatnya aturan kampanye untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 membuat paslon ikut hati-hati menggelar tahapan ini.