28 C
Manado
Kamis, 3 Desember 2020

KPK Dampingi Sulut Optimalisasi Pajak

MANADO—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan Ttpoksinya sebagai pengawas pemerintah daerah. Ini terlihat dari pendampingan yang dilakukan kepada Pemprov Sulut, mulai optimalisasi PAD, aset, pajak daerah. Jumat, (6/11) kemarin dilaksanakan rapat koordinasi Optimalisasi Pajak Daerah Provinsi Sulut bersama dengan Tim Korsupgah (Koordinasi dan Supervisi Pencegahan) Wilayah 3 KPK RI di Ruang F J Tumbelaka Kantor Gubernur.

Pada kesempatan itu, Sekprov Edwin Silangen ketika memimpin rapat mengapresiasi Tim Korpsugah Wilayah 3 KPK RI atas program pendampingan kepada Pemprov Sulut dalam hal pengelolaan optimalisasi pajak daerah yang dikelola oleh Pemprov Sulut.

“Terkait dalam hal pengelolaan optimalisasi pajak daerah, Pemprov Sulut mulai dari sisi pencatatan yang pada saat ini sudah dibantu dengan teknologi informasi kemudian dari sisi kemudahan akses terhadap kewajiban konsumen, sarana dan prasarana yang menunjang untuk mengoptimalkan pajak daerah ini, yang saat ini kita dibantu oleh teknologi yang setiap waktu di update,” katanya.

Menurut Silangen, optimalisasi pajak daerah ini tidak hanya menjadi tugas dari Bapenda Sulut itu sendiri, karena ada instansi yang menjadi supporting antara lain, Bank SulutGo dan Dinas PMPTSP.

“Dan yang lebih penting adalah mereka yang ditugaskan untuk melakukan pencatatan dan pemungutan pajak daerah ini. Mudah-mudahan dengan aplikasi yang ada kita bisa mengevaluasi ini secara cepat,” harapnya. Lanjut Silangen, sumber pajak terbesar di Sulut berasal dari pajak kendaraan bermotor.

“Sebagai laporan pajak daerah kita yang terbesar yaitu adalah dari pajak kendaraan bermotor dan Bea Balik Nama kendaraan bermotor, pajak bahan bakar minyak serta pajak yang dibayar dari pusat pemungutan dari pusat kemudian ditransfer kepada kita, yaitu pajak rokok,” terangnya. “Kemudian supporting yang dilakukan oleh pihak kepolisian yang paling utama karena untuk melakukan optimalisasi selain kita melakukan kerja sama khusus untuk pajak kendaraan bermotor ini kerjasama merazia, juga kerjasama penagihan door to door mudah-mudahan ada evaluasi yang dapat dijadikan rekomendasi kepada kita untuk lebih efektif dilakukan,” lanjutnya.(cw-01/gel)

-

Artikel Terbaru

Personel Polda Sulut Dibekali Vitamin-APD, Kombes Abast: Upaya Mendukung Suksesnya Pilkada

Menjelang serpas (pergeseran pasukan) pengamanan Pilkada Serentak 2020 ke Polresta dan Polres jajaran, mulai Jum’at (04/12), seluruh personel Polda Sulut yang di-BKO (Bawah Kendali Operasi) mendapatkan bekal APD (Alat Pelindung Diri) serta suplemen multi vitamin.

Kelangkaan LPG Jelang Nataru, ROR: Izin Agen Nakal Dicabut

MANADOPOST.ID--Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, Gas LPG subsidi 3 kilogram sering langkah jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Untuk itu Pemkab Minahasa berupaya melakukan upaya antisipasi menjaga kelangkaan LPG subsidi pemerintah tersebut.

132 CPNS Siap Jalankan Magang

MANADOPOST.ID— Pemerintah Kotamobagu sambut 132 CPNS 2019 yang akan mulai magang di instansi kelulusan mereka.

SNVT Sulut Awasi Program BSPS

MANADOPOST.ID— Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Rumah Swadaya, melalui Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Perumahan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mengadakan evaluasi akhir pelaksanaan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), belum lama ini.

Antisipasi Kelangkaan Elpiji 3Kg, ASN Diwarning

MANADOPOST.ID—Mengantisipasi kelangkaan gas menyabut Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) memastikan dalam waktu dekat pihaknya berencana launching penggunaan bright gas 5 kg untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).