32C
Manado
Kamis, 15 April 2021

Kapolda Baru Bidik Mafia Tanah

MANADOPOST.ID-Mafia tahan masuk dalam radar Polda Sulut untuk diberantas. Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana tegas akan mengusut praktik kotor ini agar tak ‘bermain’ di Bumi Nyiur Melambai.

Hal ini diungkapkan Kapolda Nana Sudjana usai pisah sambut di Mapolda, Senin (8/3) kemarin. Menurutnya pemberantasan mafia tanah telah menjadi instruksi Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo.

“Terkait dengan masalah mafia tanah, memang sudah jelas instruksi Kapolri, untuk melakukan upaya-upaya penindakan terhadap mafia tanah. Dalam hal ini kami tentu akan sangat mendukung dan ini akan kami laksanakan,” tegas Irjen Sudjana.

Menurutnya persoalan tahan ini terjadi dimana-mana dan menjadi persoalan yang harus diselesaikan. “Kami akan melaksanakan untuk memberantas mafia tanah. Itu akan kami gelorakan. Sebab permasalahan tanah ini dimana-mana sangat krusial. Banyak sekali permasalahan-permasalahan seperti ini akan kita luruskan,” tegasnya lagi.

Tak hanya itu, berbagai program juga akan dijalankan Polda Sulut dan jajaran di bawah pimpinan Irjen Nana Sudjana.

“Tentunya saya mensyukuri, segala rangkaian Sertijab telah dilaksanakan. Sertjibat sudah dilaksanakan di Mabes Polri, kemudian rangkaiannya pagi hingga sore ini (kemarin). Penyerahan Pataka, laporan kesatuan dan acara pisah sambut yang berjalan dengan lancar,” ungkanya menambahkan akan tetap melanjutkan apa yang sudah dilaksanakan pimpinan sebelumnya.

“Kemudian untuk program kami ke depan, saya selaku Kapolda baru, kami akan melanjutkan program yang sudah dilaksanakan oleh Kapolda yang lama. Kami akan mengedepankan upaya-upaya pencegahan. Tentu seluruh kegiatan yang akan kami lakukan, tetap kami akan mendasari terkait dengan 16 program Kapolri,” terangnya.

Fokus dalam penanganan Covid-19 menjadi salah satu hal utama yang akan dilaksanakan eks Kapolda Metro Jaya ini.

“Kami juga fokus terhadap penanganan Covid-19, yang selama ini sudah ada perbaikan-perbaikan. Dari zona merah ke zona orange. Kami akan efektifkan dan gelorakan upaya edukatif dan upaya sosialisasi kepada masyarakat. Untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan atau pendisiplinan protokol kesehatan. 3 M dan ditambah menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas masyarakat. Ini akan kami tekankan kepada masyarakat,” katanya sembari menambahkan termasuk dengan program vaksinasi.

“Juga terkait dengan vaksinasi. Akan dikawal kemananan dan bersama didistribusikan. Juga pencerahan dan sosialisasi akan kita lakukan. Ketika ada masyarakat yang masih melakukan penolakan terhadap vaksinasi. Tapi kita yakin masyarakat Sulut akan mendukung program pemerintah ini,” terangnya.

Tambah Irjen Sudjana, Sulut sebagai salah satu daerah destinasi wisata. Salah satunya di Likupang, maka dalam hal ini Polda bersama TNI, akan terus melakukan pengawalan.

“Koordinasi antara Polri dan TNI yang sudah dilakukan Kapolda sebelum, saya melihat dari beberapa pernyataan, bahwa sangat kompak sinergitas dan soliditasnya. TNI Polri bersama Pemda sangat baik. Ini akan ditingkatkan. Karena kunci bagaimana masyarakat merasa nyaman, khususnya dalam hal keamanan, ini akan terus kami tingkatkan. Keberadaan anggota dilapangan, kemudian kecepatan atau quick respon dalam menangani permasalahan, itu akan lebih kita tingkatkan kembali,” terangnya.

Diketahui, rangkaian Sertijab kursi Klabat 1 telah dilaksanakan, Sanin (8/3) kemarin. Dari Irjen Pol RZ Panca Putra kepada Irjen Pol Nana Sudjana. Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana tiba Mapolda didampingi Ketua Pengurus Daerah (PD) Bhayangkari Sulut Ny Shinta Nana Sudjana.

Yang langsung disambut Wakapolda Brigjen Pol Rudi Darmoko bersama Wakil Ketua Bhayangkari Sulut Vily Rudi Darmoko. Juga para Pejabat Utama (PjU) Polda Sulut, Kapolresta dan Kapolres jajaran beserta Bhayangkari.

Tarian maengket dan pengalungan bunga mengawali langkah kaki pertama Klabat 1 di Mapolda. Yang saat memasuki gerbang Mapolda, disambut dengan jajar hormat oleh personel piket penjagaan. Kemudian Kapolda menuju ruangannya untuk transit sejenak, selanjutnya langsung mengikuti kegiatan Laporan Kesatuan dan penandatanganan memori Sertijab Kapolda Sulut di aula Tribrata Polda Sulut.

Sedangkan Ketua Bhayangkari Sulut menuju aula Bhayangkari untuk mengikuti kegiatan Rapat Paripurna Bhayangkari. Pun usai laporan kesatuan (Lapsat), dilanjutkan dengan kegiatan serah terima Pataka Maesa’an Waya, serah terima ibu asuh Polwan dan kenal pamit Kapolda Sulut di aula Catur Prasetya.(ctr-02/gnr)

Artikel Terbaru