26C
Manado
Selasa, 20 April 2021

Gugus Tugas Covid-19 Pusat Sementara Verifikasi 14 Sampel Swab Warga Sulut, Hasil Keluar Esok

MANADOPOST.ID- Gugus Tugas Covid-19 Pemprov Sulut hari ini (9/5) menerima hasil pemeriksaan sampel swab cukup banyak.

“Kurang lebih 250-an sampel. Baik dari laboraturium di Makassar dan lab PCR Sulut,” kata Jubir Satgas Covid-19 Sulut dr Steaven Dandel, Sabtu malam.

Dari hasil laboraturium yang diterima tersebut, masih ada 14 kasus yang sedang diverifikasi oleh Gugus Tugas Pemerintah Pusat.

“Kita akan melihat hasil verifikasi esok hari (Minggu 10/5), apakah akan menjadi penambahan kasus bagi kita atau kemudian digugurkan,” beber Dandel.

Dandel menjelaskan, hal tersebut perlu disampaikan di awal untuk memberikan peringatan dan meningkatkan kesadaran bagi warga Sulut. Pasalnya, data epidemologi belum menunjukkan tanda-tanda meredanya pandemi Covid-19.

“Sehingga kami terus mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi anjuran physical distancing dan social distancing dengan seketat mungkin. Kita belum selesai dengan pandemi ini,” tegas Dandel.

Lanjutnya, ke depan nanti akan terlihat gambaran yang lebih jelas dari pendemi Covid-19 di Sulut, ketika hasil lab akan mulai rutin datang.

“Ketika hasil lab datang setiap hari, maka gambaran epidemologinya akan terlihat. Apakah kita sudah masuk masa puncak atau belum, atau justru mungkin sudah dalam posisi melandai,” ujarnya.

“Perlu terus kami sampaikan ke warga Sulut, agar tidak lengah, tidak gegabah, tidak melonggarkan semua protokol Covid-19 yang sudah dianjurkan pemerintah. Karena sekali lagi, beban penyakit ini masih tetap ada di tengah-tengah kita,” tukasnya.(tan)

Artikel Terbaru