31 C
Manado
Kamis, 3 Desember 2020

Gandeng Media Informasikan Penyidikan tak Beres

MANADOPOST.ID–KPK RI menegaskan, peran media sangat besar dalam pelaksanaan tugas KPK. “Jadi sekali lagi peran pers sangat besar dalam kaitannya dengan strategi pemberantasan korupsi yang dijalankan KPK. Kita berharap semangat teman-teman dalam kepedulian pemberantasan korupsi ini tetap tumbuh.

Jangan pernah mati atau berhenti. Ini kejahatan yang extraordinary. Yang betul-betul bisa meluluh lantakan negeri. Sangat-sangat luar biasa. KPK sangat banyak berharap,” sebtu Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango saat kunjungan ke Manado Post, Sabtu pekan lalu.

Pasalnya tambah Nawawi, pengaduan masyarakat banyak juga dipengaruhi faktor-faktor subjektif. “Ada orang tidak suka atau masyarakat ini digunakan oleh satu kepentingan tertentu. Tapi kita harus membaca itu tidak berlaku di tengah teman-teman wartawan. Tetap memunculkan dalam sisi objektifnya,” terangnya menambahkan informasi media setara Ombudsman.

“Makanya tidak ada salahnya kami menempatkan informasi pers itu setara dengan informasi atau laporan lembaga yang memang kompeten dari bidangnya. Seperti Ombutsmen. Jadi serata itu pada kami, informasi pers dengan laporan Ombutsmen. Yang kita peroleh dari Ombutsmen yang sudah melalui telaah yang luar biasa, itu sama dengan informasi publik yang diberikan oleh pers,” katanya.

Khusus Sulut, Nawawi mengapresiasi Manado Post. “Paling tidak ada klasifikasinya. Makanya untuk Sulut, kami masih menempatkan Manado Post. Maka kami datang ke Manado Post karena pertimbangan seperti itu. Kami banyak berharap dari Manado Post sebagai pelopor informasi pemberitaan di Bumi Nyiur Melambai,” tegasnya.

“Kita berharap di daerah kan peran dari teman-teman media di daerah. Saya percaya, kenapa saya memilih Manado Post, karena saya percaya Manado Post kontribusinya bagi pembangunan daerah ini dengan segala macam tulisan dan pemberitaannya. Menjadikan Manado seperti sekarang ini, kontribusi Manado Post kita tidak bisa pungkiri,” tambahnya.

Dia juga berharap alam strategi pemberantasan korupsi di Sulut, Manado Post yang bisa menjangkau seluruh. “Tolong sisi-sisi aspek pemberitaan mengenai tindak pidana korupsi, dimuat. Kami baca sepenuhnya Manado Post kami baca. Kami tidak pernah tau di kampung halaman saya Bolmut, barangkali ada rumah dinas Bupati dan Wabup, itu kami baca dari Manado Post,” ungkapnya.

“Kemarin saya ketemu Kapolda yang kebetulan mantan Direktur Sidik kami. Saya candain dia. Itu loh di kampungku ada perkara yang ditulis Manado Post. Coba ditaatin dulu sama Dirpidsus mu. Maka kita berharap, pers dalam kaitannya dengan strategi pemberantasan korupsi, khususnya di Sulut, terus dapat di gelorakan,” katanya.

Kaitannya dengan tugas pencegahan, tambah Nawawi, ada delapan ruang yang KPK intervensi di pemerintahan daerah. “Paling kita butuhkan dari pers, misalnya soal perencanaan penganggaran APBD. Kemudian pelaksanaan pengadaan barang dan jasa. Ada optimalisasi penerimaan daerah melalui pajak,” terangnya.

“Tetaplah berkomitmen bahwa Manado Post ini. Mudah-mudahan Manado Post berkomitmen. Model apapun media yang dimunculkan, Manado Post harus menjadi kibaran bedera yang terbaik di Sulut,” kata Nawawi.

Dia menegaskan peran media sangat besar. “Maka tidak salah media disebut sebagai pilar kekuasaan negara yang keempat. KPK sebagai lembaga pemberantasan korupsi terdepan, sangat berharap peran dari teman-teman pers di daerah. Mengenai segala hal yang berkenaan dengan pencegahan penindakan pemberantasan korupsi. Jangan ragu kalau melihat ada yang nggak ini (beres). Tolong sampaikan. Kami pelototi seperti itu mekanisme kerja sekarang KPK tidak hanya menunggu pengaduan laporan masyarakat. Tapi kita mulai belajar. Kami percaya wartawan paling tau tentang segala kondisi ini,” ungkapnya.

Dirut Manado Post Marlon Sumaraw menyampaikan terima kasih atas kepercayaan ini. Yang pasti, Manado Post akan tetap profesional dan menjaga objektivitas pemberitaan. “Semua wartawan kami telah lulus uji kompetensi Dewan Pers. Sehingga wajib menjaga trust dan anti hoax.”(ctr-02/gnr)

-

Artikel Terbaru

132 CPNS Siap Jalankan Magang

MANADOPOST.ID— Pemerintah Kotamobagu sambut 132 CPNS 2019 yang akan mulai magang di instansi kelulusan mereka.

SNVT Sulut Awasi Program BSPS

MANADOPOST.ID— Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Rumah Swadaya, melalui Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Perumahan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mengadakan evaluasi akhir pelaksanaan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), belum lama ini.

Antisipasi Kelangkaan Elpiji 3Kg, ASN Diwarning

MANADOPOST.ID—Mengantisipasi kelangkaan gas menyabut Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) memastikan dalam waktu dekat pihaknya berencana launching penggunaan bright gas 5 kg untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pelayanan Disdukcapil Dikeluhkan

MANADOPOST.ID—Menjelang hari pemungutan suara pada 9 Desember mendatang, Kantor Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) diserbu ratusan warga.

Olly-Steven Dua Periode

MANADOPOST.ID—Hari pemungutan suara 9 Desember 2020 kian dekat. Kurang dari seminggu. Namun elektabilitas pasangan calon petahana, Olly Dondokambey-Seteven Kandouw tetap kokoh di angka 65,7%. Ini berdasarkan rilis Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA, yang baru dirilis Rabu (2/12), kemarin.