25C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Formasi 1,3 Juta CPNS Terbuka, Sulut Sudah Usulkan ke KemenPAN-RB

MANADOPOST.ID-Kabar baik kembali berhembus dari pemerintah pusat. Rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) kembali dibuka. Warga Sulawesi Utara (Sulut) yang hendak mengabdi untuk negera, sudah boleh bersiap.

Setidaknya ada 1,3 juta formasi yang dibutuhkan. Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Teguh Widjinarko mengatakan, pendaftaran akan dibuka pada awal kuartal II tahun ini.

“Rencananya bulan Maret akan ditetapkan formasinya, dan bulan April-Mei dibuka proses pendaftaran. Dan Juni mulai dilakukan seleksi,” ujarnya, Selasa (9/2).

Saat ini Kementerian PAN-RB masih menunggu pertimbangan teknis dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk keterangan lengkap lowongan CPNS. Jika sudah selesai maka akan segera di umumkan. “Asumsinya jika tidak ada kebijakan yang bersifat darurat ya,” kata Teguh. “Rincian angka detailnya akan diumumkan kemudian,” tegasnya.

Lanjutnya, secara total tahun 2021 (jika tidak ada kebijakan lain, yang bersifat darurat) pemerintah telah menentukan kebutuhan ASN sejumlah sekitar 1,3 juta,” ujarnya.

Menurutnya, usulan kebutuhan CPNS sudah disampaikan kepada Menteri Keuangan dan telah disetujui. “Pada saat ini Kementerian PANRB sudah memperoleh pertimbangan teknis dari menteri keuangan. Pada intinya menteri keuangan setuju dengan usulan rencana kebutuhan ASN tahun 2021,” kata dia.

Di Nyiur Melambai, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2021 menyebutkan, usulan formasi dan kuota CPNS telah disampaikan Pemprov kepada Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) Republik Indonesia (RI).

Hal ini dibeberkan Asisten III Pemprov Sulut Bidang Administrasi Umum Gammy Kawatu.
“Kita sudah mengusulkan 3.000-an CPNS dan adapun dari kuota tersebut yang telah diusulkan ke KemenpanRB sebelumnya hanya dikisaran 800 formasi. Tapi setelah itu ada revisi lagi, khusus untuk guru ada peningkatan sampai 3.000-an formasi.

Tapi nanti itu akan dievaluasi lagi oleh KemenPAN-RB apakah yang diusulkan sesuai. Karena formasi jabatan guru sangat banyak. Dan pengusulan yang dilakukan pasti akan dipertimbangkan pusat,” ungkapnya, saat ditemui.

Dirinya berharap usulan Pemprov Sulut, bisa mendapatkan respon KemenpanRB. “Usulan ini telah disampaikan ke pusat melalui Kemenpan RB. Mudah-mudahan pada bulan depan sudah ada rekrutannya. Tetapi harus mengikuti tahapan seleksi yang ada seperti, tahapan seleksi berkas hingga tahapan seleksi kompetensi. Ya bagi putra-putri kita yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari sekarang sudah mempersiapkan diri. Belajar dengan giat dan melihat contoh-contoh soal yang saat ini bisa diakses,” kuncinya.(ewa/gnr)

Artikel Terbaru