25C
Manado
Rabu, 3 Maret 2021

Kapasitas Masih Luas, TPA Kulo Mampu `Bertahan` Hingga 10 Tahun

MANADOPOST.ID–Masyarakat Kabupaten Minahasa tak perlu ragu, jika TPA Kulo diperuntukan tidak hanya sampah dari Minahasa melainkan juga dari Kota Manado.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Minahasa Vicky Kaloh, kapasitas TPA Kulo masih cukup banyak untuk setiap hari menampung sampah. “Tak perlu khawatir. Kapasitas TPA Kulo masih luas. Kami perkirakan masih bisa menampung sampah dari wilayah Minahasa hingga 10 tahun ke depan,” sebut Kaloh kepada Manado Post, Selasa (9/2).

Dikatakannya, persoalan sampah Kota Manado yang kini dibawa ke Minahasa karena TPA Sumompo sudah tidak lagi bisa menampung, hanya sementara waktu, sembari menunggu TPA Regional Mamitareng di Ilo-Ilo Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara, yang sementara dirampungkan pengerjaannya.

“Pak Gubernur Sulut sudah mengatakan, jika TPA tersebut selesai, sampah dari Kabupaten Minahasa juga bisa diangkut dan dibawa kesana. Kita tinggal angkat menggunakan truk jika sudah rampung nantinya di TPA Mamitarang,” jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan, pekerjaan multi year ini, sesuai progres sudah mencapai 13 persen yang diperkirakan pada bulan Desember 2021 nanti telah rampung dan sudah mulai beroperasi.

“Semoga dengan hadirnya TPA Regional ini, dapat mengatasi permasalahan sampah di Kota Manado, Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa dan Kota Bitung,” kata Gubernur Sulut Olly Dondokambey didampingi Sekretaris Provinsi Edwin Silangen saat melakukan kunjungan kerja ke TPA Mamitarang belum lama ini.

Sekadar tambahan, TPA ini direncanakan akan mampu menampung 312.29 ton per hari yang dihasilkan oleh 572.526 jiwa (143.131 KK) dari 4 kota dan kabupaten otonom yang tergabung dalam kawasan perkotaan metropolitan Mamitarang. Empat kota dan kabupaten tersebut adalah Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung.(cw-01/gnr)

Artikel Terbaru