31 C
Manado
Rabu, 28 Oktober 2020

Soal Pemberian Uang Saat Kampanye, Komisioner KPU Sulut Sempat Salah Jelaskan

MANADO—Pemberian uang pada masyarakat dari pasangan calon dilarang atau tidak dibenarkan. Namun sebelumnya, komisioner KPU Sulut Yessy Momongan pada penjelasannya ke wartawan mengatakan ada metode kampanye tatap muka atau pertemuan terbatas. Di mana paslon bisa mengundang masyarakat menyampaikan visi dan misi serta programnya. Maksimal yang diundang 50 orang.

“Dalam simulasi kami untuk penganggaran, ada ketentuan ketika diundang, pemilih mendapat makan, snack, atau kayak souvenir. Tapi juga mendapat uang transport untuk kembali. Nah itu kewajiban dari pasangan calon untuk pembiayan. Itu dokumennya dicatat dalam dana kampanye,” kata mantan Ketua KPU Sulut ini. Soal bagaimana berapa (rupiah) wajar terkait transport, Momongan mengatakan, memakai dasar standar biaya daerah. “Kalau di provinsi maksimal 292 ribu satu orang. Jadi selain dapat makan, snack, sovenir, dapat uang transport. Hanya saat menyampaikan visi misi,” tukasnya.

Apa yang disampaikan Momongan ini dikatakan komisioner KPU Sulut Salman Saelangi keliru. Pada wartawan, Sabtu (10/10) menjelaskan pada PKPU 4 tahun 2017 pasa 71 ayat 3 sebagaimana diubah dengan PKPU Nomor 11 Tahun 2020 dengan jelas mengatakan jika dilarang memberikan dalam bentuk uang. “Jangan diframe bahwa uang transport bagi peserta kampanye diberikan dalam bentuk uang. Memang ada transport bagi peserta kampanye, tapi bukan diberikan dalam bentuk uang,” sebut Salman.

Dia mengajak semua pihak sama-sama menolak politik uang. “Mari kita sama-sama memastikan kontestan tidak melakukan politik uang dalam pilkada 2020. Ini menjadi tanggung jawab semua elemen,” tegasnya.(gel)

-

Artikel Terbaru

Warga Minut Kepulauan Antusias Sambut VAP

Calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mendapat dukungan.

Samsung Home Appliances Hadirkan Solusi Hidup Sehat

MANADOPOST.ID—Samsung Electronics Indonesia hari ini resmi meluncurkan rangkaian Home Appliances terbaru untuk mendukung konsumen Indonesia yang kini melakukan sebagian besar kegiatan di rumah. Samsung Refrigerator Multidoor RF60 ciptakan kemudahan penyimpanan banyak bahan makanan dengan pengaturan suhu spesifik sesuai tipe makanan untuk menjaga kesegarannya.

Operasi Zebra di Minahasa Jaring Puluhan Pelanggar

MANADOPOST.ID--Senin (26/10) kemarin adalah hari pertama digelarnya Operasi Zebra Samrat 2020. Khusus untuk wilayah Polres Minahasa, puluhan personil terlibat dalam operasi tersebut.

80-an Pasangan Bulutangkis Ramaikan GOR Betania Teling

Pecinta bulutangkis Sulawesi Utara memang dahaga. Terbukti, 80-an pasangan ikut serta dalam iven bertitel Manado Post Open 2020.

Belum 17 Tahun Bisa Memilih, Begini Penjelasan KPU

MANADOPOST.ID--Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020, saat ini tengah memasuki pelaksanaan tahapan kampanye. Meski begitu, literasi dan edukasi, tentang data pemilih terus menjadi concern KPU Kota Tomohon.