27C
Manado
Sabtu, 27 Februari 2021

Olly-Steven Diambil Sumpah 15 Februari

MANADO— Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Terpilih Olly Dondokambey-Steven Kandouw (Olly-Steven) dipastikan bergeser. Diketahui, pasangan calon petahana itu seharusnya dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, besok (12/2). Seiring dengan berakhirnya masa jabatan keduanya di periode pertama.

Kepala Biro Pemerintahan Setprov Sulut Jemmy Kumendong saat dikonfirmasi membenarkan adanya penundaan. “Iya sudah pasti (ditunda, red). Sudah ada surat dari Kemendagri,” bebernya.

Namun, kala dimintai waktu pasti pelantikan, Kumendong belum bisa memastikan. Hanya saja, informasi yang dia dapatkan dari Sekretariat Negara, pelantikan akan dilakukan, 15 Februari mendatang. “Belum ada surat resminya kapan. Tapi info yang kami dapatkan begitu (pelantikan 15 Februari, red),” tutur dia.

Olly-Steven bersama keluarga sudah berada di Jakarta untuk menjalani serangkaian persiapan jelang pelantikan. “Karena memang sangat terbatas nanti yang diizinkan hadir. Jadi hanya keluarga inti dan orang-orang yang diizinkan beliau berdua yang mendampingi di sana,” ungkap Kumendong.

Berbagai alasan disinyalir menjadi penyebab penundaan. Dijelaskannya, proses penundaan Pilkada berpengaruh terhadap rangkaian administrasi jelang pelantikan.

“Semua kan butuh waktu termasuk proses administrasi. Pemerintah harus sangat hati-hati dan memastikan tidak ada lagi masalah,” nilainya. Selain itu, besok bertepatan dengan Hari Raya Imlek. “Bisa jadi salah satu pertimbangan Bapak Presiden yang sangat menghormati hari besar keagamaan di Indonesia sehingga menjadi penyebab penundaan pelantikan,” pungkas Kumendong.

Diketahui, Olly-Steven akan dilantik bersama para Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih yang masa jabatannya berakhir besok, 12 Februari. (jen)

Artikel Terbaru

JG Siapkan Pergeseran Anggaran

Kapolda-Danrem Kunjungi Talaud