30C
Manado
Kamis, 25 Februari 2021

Langgar Prokes, Siap-siap Diparkir di Mapolres

MANADOPOST.ID—Penumpukan angkutan umum (mikrolet) di Teminal Airmadidi bakal ditertibkan. Hal itu tertuang dalam kesepakatan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 Minahasa Utara (Minut) bersama para pengemudi angkutan umum, kemarin.

Dalam kesepakatan tersebut, ada empat poin utama yang diseriusi dalam pelayanan jasa angkutan bagi masyarakat umum. “Keempat kesepakatan itu adalah sopir angkutan umum wajib mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Wakil Ketua Satgas Covid-19 yang juga Kapolres Minut AKBP Grace Rahakbau didampingi Kepala Dinas Kesehatan Minut dr Alain Beyah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Minut Jofieta Supit, Kepala Satpol PP dan Damkar Minut Robby Parengkuan dan perwakilan Dinas Perhubungan Minut.

Kemudian, lanjut dia, sopir angkutan wajib menaikkan dan menurunkan penumpang dalam terminal. Lalu, sopir dilarang memarkir kendaraan di sepanjang bahu jalan, depan ruko maupun swalayan.

Serta masuk ke dalam pasar pada saat hari pasar di tempat yang sudah ditentukan secara bergantian. “Angkutan umum yang sopirnya melanggar akan diberikan sanksi pemberhentian trayek selama dua minggu dan kendaraannya akan dititipkan sementara di Mapolres Minut,” tegas dia.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Minut Edwin Pungus yang juga menandatangani kesepakatan tersebut, memastikan pihaknya bakal ikut mengawal tindak tanduk para supir angkutan.

“Semua sopir angkutan sudah menyatakan kesiapan untuk menaati kesepakatan tersebut. Demi kebaikan bersama menekan angka penyebaran Covid-19,” jamin dia.

Usai kegiatan tersebut, Kapolres bersama para awak media membagikan masker kepada para pengendara yang melintas di seputaran Terminal Airmadidi. Beberapa pengendara dan penumpang yang kedapatan melanggar prokes pencegahan Covid-19 diberikan pembinaan. (jen)

Artikel Terbaru