25 C
Manado
Kamis, 6 Mei 2021
spot_img

Umat Muslim Sulut Diminta Patuhi Edaran Kemenag RI

MANADOPOST.ID— Pelaksanaan ibadah puasa tahun ini tetap disesuaikan dengan situasi penanggulangan Covid-19. Imbauan ini disampaikan langsung Kakanwil Kemenag Sulut H Anwar Abubakar SAg MPd, melalui Kabid Binmas Islam H Ulyas Taha MPd, usia kegiatan Rukyatul Hilal, Senin sore. Menurutnya edaran sudah disampakan oleh Kemenag RI beberapa waktu lalu.

“Kami juga sudah mempunyai edaran dari Kemenag RI tentang panduan pelaksanaan Salat Tarawih dan puasa di bulan suci Ramndan. Pedoman itu memberikan penjelasan bahwa kita dibolehkan untuk melaksanakan tarawih dan salat lima waktu pada saat bulan Ramadan. Dengan tetap berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 di daerah masing-masing. Juga tetap menaati dan melaksanakan protokol kesehatan,” tegasnya.

Lanjutnya mengharapkan ini juga dapat ditindaklanjuti di 15 kabupaten/kota Sulut. “Maka kami di daerah telah menindaklanjuti apa yang menjadi surat edaran Kemenag RI ke daerah-daerah. Dengan harapan daerah pun akan mengikuti panduan yang dikeluarkan Kemenag untuk pelaksanaan sholat tarawih dan Ramadhan selama penanggung Covid-19 ini,” katanya menambahkan bersyukur Sulut kini sudah keluar dari zona merah Covid-19.

“Kita melihat di Sulut sudah keluar dari zona merah. Maka ini bisa membuka peluang bagi kita, umat Islam bisa melaksanakan Salat Tarawih pada bulan Ramadan ini. Dan tentu harus sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang dikeluarkan satgas Covid-19 di daerah masing-masing,” terangnya.

Dia juga mengimbau kepada seluruh umat Islam di Sulut, untuk tetap patuh terhadap panduan ini, juga patuh juga terhadap imbauan dari pemerintah daerah. “Kalau misalnya ada imbauan dari pemerintah daerah untuk tidak melaksanakan Salat Tarawih, maka kita akan melaksanakan di rumah masing-masing. Sepanjang itu masih dibolehkan, maka tentu kita tetap mengikuti protokol kesehatan,” ungkap Taha.

Diketahui, ijtimak bulan Sya’ban 1442 H tarjadi pada Senin (12/4), sekira pukul 10.33.58 WITA. Dengan posisi jarak hilal dengan matahari 2 derajat 18′ 25″. Pun selisih saat isjtimak dengan terbenamnya matahari sekira 7 jam 22 menit 16 detik. Dengan terbenamnya matahari pukul 17.46.13 dan terbenam bulan pukul 17.59.48. Yang lama hilal di ufuk sekira 13 menit 34 detik.(Revliando Abdilah)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru