25 C
Manado
Kamis, 6 Mei 2021
spot_img

Umat Muslim Sulut Esok Mulai Puasa

MANADOPOST.ID— Rukyatul Hilal awal Ramadhan 1442 Hijriah tahun 2021 dilaksanakan, Senin (12/4). Pengamatan hilal atau bulan penentu awal Ramadan di Bumi Nyiur Melambai tahun ini, seperti tahun sebelumnya berlangsung di area parkir MTC Megamas, Manado.

Dari pantauan, kegiatan pemantauan hilal berlangsung sekira pukul 16.00 WITA, yang dihadiri beberapa pihak terkait. Diantaranya Kanwil Kemenag Sulut, Pengadilan Agama, BMKG dan ormas serta perwakilan lainnya. Walau cuaca mendung dan berawan, pemantauan tetap dilaksanakan. Beberapa teropong dari Tim Hisyab Rukyat Kanwil Kemenag Sulut dan BMKG disiapkan.

Kakanwil Kemenag Sulut H Anwar Abubakar SAg MPd, melalui Kabid Binmas Islam H Ulyas Taha MPd mengatakan, pelaksanaan Rukyatul Hilal dilaksnakan seperti tahun-tahun sebelumnya. “Yakni penentuan Ramadan 1442 H dan hari ini kita laksanakan. Sebagaimana pada ijtimak pada bulan Sya’ban yang jatuh pada hari ini. Maka kita melakukan ini berdasarkan perhitungan sementara Hisab terhadap akhir bulan Sya’ban dan awal bulan Ramadan,” katanya usai pemantauan.

Lanjutnya cuaca mendung yang terjadi, menyebabkan tidak dapat dipantaunya hilal dari Manado. Baik dengan mata maupun mengunakan teropong. “Tadi kita sudah saksikan bersama dan telah dilaporkan oleh Pengadilan Agama, bahwa pada saat ini kita lihat bersama awan mendung. Sehingga kita tidak bisa melihat terhadap peristiwa terbenamnya matahari dan kemudian kita bisa menyaksikan bulan atau hilal nampak dengan mata atau teropong,” ungkapnya.

“Maka sebab itu, sebagaimana biasanya ketika kita melakukan Rukyat seperti ini dan kita bisa menyaksikan hilal, maka hakim pengadilan agama bersama orang yang menyaksikan itu akan melakukan sidang. Dan sidang itu akan memutuskan bahwa hilal terlihat. Maka itu yang akan menjadi laporan kita ke pusat, sebagai bahan untuk diambil oleh tim Hisab dan Isbat pusat Kemenag RI untuk menjadi bahan pengambilan keputusan penentuan awal Ramadan,” tambahnya.

Ketua MUI Sulut Abdul Wahab Abdul Gafur yang turut hadir menambahkan, bahwa puasa sudah bisa dilaksankan esok. “Pada hari ini bertepatan dengan 29 Sya’ban 1442 hijriah, MUI bersama Kemenag dan Pengadilan Agama, mengadakan Rukyatul Hilal. Maka kesimpulannya secara teknis, hisyab itu sudah memungkinkan kita puasa besok. Sebab bulan sudah berada 3 derajat diatas ufuk,” katanya sembari mengatakan ketika cuaca cerah, maka bisa dilihat dengan mata.

“Tapi karena berawan, maka tidak dapat dilihat (dari Manado). Oleh karena itu, menurut ilmu pengetahuan atau badan Rukyat ini, bahwa puasa itu diyakinkan bisa dilaksanakan hari ini. Tapi tetap kita menunggu pengumuman Kementerian Agama Republik Indonesia,” tegasnya.(Revliando Abdilah)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru