25C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

In Memoriam Sinyo Harry Sarundajang

SHS Sempat Tinggal di Rumah Dz AZR Wenas

MANADOPOST.ID–Tidak sampai tamat SR, Sinyo Harry Sarundajang kembali ke Minahasa. Ia melanjutkan sekolah dasarnya di SR Tomohon (1959). Selama di Tomohon, Sinyo tinggal di rumah Ds AZR Wenas, yang masih keluarga dekat Sinyo. Sinyo juga sempat tinggal di keluarga Herman Wenas. Herman merupakan Mayor Minahasa.

Saat itu Domeni Wenas lagi menjabat Ketua Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (1942-1967). Sinyo banyak mendapat didikan dari Ds Wenas yang merupakan pemimpin yang disegani GMIM, masyarakat Minahasa, dan bahkan masyarakat Sulawesi Utara. Pendidikan dasar Sinyo, lebih banyak dipengaruhi didikan kakeknya di Kotamobagu dan Pdt AZR Wenas.

Tamat SR, ia melanjutkan studi di SMP Kristen Kawangkoan (1960) dan tamat SMA Negeri Kawangkoan (1964). Semasa SR, SMP, dan SMA, Sinyo selalu juara di kelas. Bahkan setiap ada lomba deklamasi, baca puisi, dan pidato, Sinyo selalu menjadi pemenangnya. Sejak kecil, Sinyo sudah terbiasa berdiri dan berorasi di depan banyak orang.

Kharisma seorang pemimpin, sudah terlihat sejak di bangku sekolah. Ketika tampil di depan kelas, Sinyo selalu penuh percaya diri. Wajahnya yang tampan dengan kulit yang budo serta tatapan yang tajam, membuat Sinyo selalu menguasai audience. Apalagi didukung dengan cara berpakaiannya yang neces (rapi bersih) dan rambut yang tebal, membuat teman-teman kelasnya selalu terpana.

Karena mengalir darah pamong praja dalam dirinya (ayah camat dan kakek kepala desa), menginjak remaja, Sinyo memilih bangku kuliah yang memperkuat bakat kepamongprajaannya.

Saat itu ayahnya sudah menjadi camat. Sempat menjadi Camat Tompaso Baru, Camat Kawangkoan, dan Camat Sonder. Sinyo memilih kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Empat tahun di Unsrat (1968), Sinyo melanjutkan di Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan, Untag, Jakarta.(*)

Artikel Terbaru