31 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

10 Sampel Komoditi Pertanian Ini Dipasarkan di Luar Negeri

MANADOPOST.ID—Komoditi asal bumi Nyiur Melambai terus dilirik dunia internasional. Dengan ditopang gebrakan yang hebat Pemerintah Provinsi Sulut di bawah kepemimpinan Olly Dondokambey-Steven Kandouw (ODSK), perlahan fresh komoditi dilirik pasar internasional.

Kini setiap pekan dijadwalkan pemberangkatan lewat penerbangan sejumlah komoditi perikanan dan pertanian. Ikan mujair, nila, dan bawang kini laris di pasar internasional. Terbaru Pemprov Sulut sedang mengupayakan penambahan komoditi yang bisa diperdagangkan di luar negeri.

Dari data yang didapat dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, sebanyak komoditi pertanian telah dikirim sampelnya untuk dipasarkan (lihat grafis, red).

“Selain bawang, kami juga sudah mengirim sampel komoditi lainnya seperti daun pandan, vanilla hingga sereh ke pasar internasional untuk dicontohkan,” kata Kepala Disperindag Sulut Edwin Kindangen melalui Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Darwin Muksin kepada Manado Post, Senin (12/10) kemarin.

Saat ini ekspor fresh komoditi baru dikirim ke Jepang. Ke depan kata dia, direncanakan akan ada penerbangan ke Guanghzou, China. “Fresh komoditi ini sangat diminati. Karena komoditas pertanian atau perikanan yang kita kirim bisa sampai di negara luar dengan waktu yang singkat,” ucap dia.

Di sisi lain dia mengungkapkan, ekspor lain sebenarnya sudah dilakukan ke beberapa negara. Namun membutuhkan waktu lama. “Ada sekira 51 negara yang jadi tujuan ekspor. Tapi itu memakan waktu. Gebrakan pak gubernur saat ini dengan membuka ekspor penerbangan sangat baik untuk menunjang ekspor pangan ke luar negeri,” ungkapnya.

Terpisah salah satu eksportir mengakui gebrakan OD-SK dalam membuka penerbangan sangatlah tepat dan bijak. “Kebetulan saya ikut dari awal. Masuk dalam tim percepatan ekspor Sulut. Pak gubernur sangat mendukung dan di bulan September dalam sekejap alhamdulillah langsung terlaksana, di penerbangan pertamanya tanggal 23 sept,” beber Wening, eksportir Samudera Pangan.

Dia memastikan komoditi asal Sulut akan terus diminati di pasar internasional. “Dengan program dan dukungan dari pemerintah, saya rasa eskpor oangan dari Sukut akan lebih dikenal,” pungkas dia.(cw-01/gel)

-

Artikel Terbaru

Demi Bolsel, Iskandar-Deddy Ubah Lawan Jadi Teman

MANADOPOST.ID—Pesta demokrasi lima tahunan di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) kian menarik saja. Sebab hampir dipastikan seluruh elemen masyarakat pesisir selatan BMR ini, mendukung

Gorango Community Menangkan OD-AA

MANADOPOST.ID—Calon Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) dan calon Wali Kota Manado Andrei Angouw (AA) menghadiri peresmian Rumah Relawan Gorango Community di Paal II Manado.

ODC Perkuat SB-RG di Boltim

MANADOPOST.ID—Kehadiran Olly Dondokambey Center (ODC) di bawah komando Ketum Ferry Wowor di Boltim, menambah kekuatan paslon Drs H Suhendro Boroma MSi-Drs Rusdi Gumalangit (SB-RG).

Money Politics Naik, Modus Sembako Uang Tunai

MANADOPOST.ID—Sejumlah pelanggaran diduga terjadi selama tahapan pilkada, yang saat ini sementara berlangsung di Sulawesi Utara (Sulut). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut membeber, sudah ada aduan masuk dari 15 kabupaten/kota.

Dukung Olly-Steven, Sesepuh Golkar `Reuni` di SaVeRo

MANADOPOST.ID—Pemandangan menarik terlihat di Tondano, Senin (19/10) kemarin. Panji berwarna kuning terlihat menyatu dengan warna merah.