25C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

SHS Enam Tahun Berjuang Lawan Kanker

MANADOPOST.ID— Dubes Republik Indonesia untuk Filipina merangkap Kepulauan Marshall dan Palau meninggal dunia di Rumah Sakit MRCCC Siloam, Semanggi, Jakarta Selatan, Sabtu (13/2) dini hari.

Putri kedua SHS, Vanda Sarundajang mengatakan, ayahnya meninggal dunia karena sakit. Namun, Vanda dia tak menyebut secara detail tentang penyakit yang diidap ayahnya itu.
“Papa meninggal itu pada pukul 00.31 WIB, tanggal 13, karena sakit yang dideritanya,” kata Vanda.

Lanjut Anggota DPR RI, SHS sudah beberapa waktu belakangan mengalami sakit dan dua bulan terakhir kondisinya menurun. “Sakit sudah sejak beberapa waktu belakangan ini, memang 1-2 bulan terakhir menurun kondisinya. Kami sudah rawat di rumah sakit,” tuturnya.

Sementara itu, keponakan SHS, Eka Siwi Oroh mengungkapkan sang paman sudah sakit sejak 2014 silam, ketika masih menjabat sebagai Gubernur Sulut. “Jadi berarti sudah ada enam tahun dalam perawatan. Lima tahun sebelum ada Covid, bapak (SHS,red) mengadakan perawatan di Jepang,” terangnya.

Lanjut dia, SHS awalnya didiagnosa menderita kanker. “Liposarcoma persisnya. Itu sejenis cancer yang cukup langka. Jadi dia mungkin ada di darah yah, seperti getah bening tetapi dengan tipe yang langka. Selama ini beliau mendapatkan perawatan home care di rumah di Kelapa Gading mulai dari tanggal 10 Januari,” pungkasnya.(jen)

Artikel Terbaru