31.4 C
Manado
Jumat, 30 Juli 2021

Menengok Si Manusia Goa di Desa Kema Tiga, Kecamatan Kema, Minahasa Utara, 11 Tahun Nyaman Tinggal Seorang Diri

 

Hais Abdjul, warga Desa Kema Tiga, Jaga 13, Kecamatan Kema, cukup fenomenal di seputaran tempat tinggalnya. Pria paruh baya itu, memilih tinggal di dalam goa buatannya sendiri sejak 2010.

WAJAHNYA selalu sumringah. Tak nampak ada beban berat di hidupnya. Padahal, hari demi hari dilalui dengan kesendirian.

Hais memilih berpisah dengan sang istri, 2002 silam. Dia tetap dengan status lajang. Karena tak memiliki keturunan, pria 59 tahun menetap di goa seorang diri.

Sebelumnya dia tinggal di rumah yang terletak tepat di samping goa. Tetapi kemudian pindah karena merasa ingin menikmati hidup lebih nyaman.

Sekarang kediaman lamanya itu tak ditempati. Pantauan Manado Post, rumah itu sudah rusak. Bahkan lapuk. “Memang sejak tak ditinggali, rumah itu rusak. Sudah pernah tertimpa pohon. Saat ini ca jadi tempat penyimpanan barang,” tutur pria kelahiran 26 Agustus 1962.

Yang menarik, goa yang ditinggali merupakan milik pribadinya. Tampak masih ada lahan kosong di samping kiri dan kanan tempat tinggalnya itu. Lumayan luas.

Goa memiliki dua kamar. Dua ruang tamu dan dapur. Ada ruangan yang bahkan sedang dalam tahap pembangunan.

“Ini punya keluarga saya. Orang tua saya. Jadi ada sertifikatnya ini tanah. Ini goa. Jadi tidak ada yang bisa melarang saya tinggal di sini,” tegas dia.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru