25C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

BLT Dandes Diguyur 12 Bulan

MANADOPOST.ID—Kabar gembira kembali berhembus untuk warga Kabupaten Minahasa. Penerimaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (Dandes), tahun ini bakal disalurkan selama 12 bulan.

BLT tersebut berasal dari pemerintah pusat dan disalurkan lewat Pemkab Minahasa. Hal tersebut diungkapkan Bupati Kabupaten Minahasa Royke Octavian Roring (ROR), melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Jeffry Tangkulung, Kamis (14/1).

“BLT akan disalurkan selama 12 bulan di tahun 2021. Jadi setiap bulan diserahkan kepada masyarakat penerima,” katanya, sembari menyebutkan BLT wajib diberikan.

Namun terang Tangkulung, cepat atau lambatnya penyaluran, tergantung desa. “Harusnya penyaluran Januari ini. Tapi kalau ada desa yang terlambat mencairkan nanti Febuari tidak masalah. Kalau sudah lengkap APBdes dan LPJnya pasti sudah bisa berproses, kalau belum lengkap, ya belum bisa,” ujarnya.

Dijelaskannya pula, penerima BLT, ini bisa saja berubah data dengan penerima di tahun 2020 lalu. Maksudnya penerima bisa sama dengan tahun lalu, tetapi bisa juga berubah.

Apakah itu ada penambahan atau pengurangan jumlah penerima. “Tergantung hasil musyawarah yang digelar di setiap desa,” paparnya.

Sementara, terkait besaran jumlah dana yang bakal diterima, katanya sama seperti tahun lalu. “Masih sama, 300 ratus ribu rupiah setiap bulannya sesuai Permendes. Tapi ini akan didapat selama 12 bulan,” kuncinya.

Warga sendiri mengakui, penyaluran berbagai bantuan sosial selama ini sudah sangat membantu. “Bansos jelas sangat membantu kami. Selama ini kami sering membeli kebutuhan sehari-hari dengan bansos dari pemerintah pusat maupun daerah,” kunci sejumlah warga Minahasa.(cw-01/gnr)

Artikel Terbaru