31 C
Manado
Rabu, 28 Oktober 2020

Tak Ditanggung Pemerintah, RS Dilema Rawat Pasien Covid-19 Berstatus OTG

MANADOPOST.ID–Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pemprov Sulut Steaven Dandel mengungkapkan, pasien positif Covid-19 berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) tidak bisa diklaim pemerintah biaya perawatannya. Hal itu sesuai petunjuk teknis pusat.

“Saat ini OTG, menyebabkan RS dilema dan banyak yang protes karena mereka merawat pasien gejala ringan, tak ada gejala dan tak bisa diklaim. Sebenarnya, kebijakan dari Kemenkes, bahwa yang terkonfirmasi positif tak bergejala bisa diisolasi mandiri karena 80 persen gejala ringan dan 30 persen tak ada gejala,” ujarnya.

Lanjut Dandel, dari presentase kasus terkonfirmasi positif hingga kemarin, 70 persen adalah OTG.

“Saat ini, ada 38 orang yang kita rawat di rumah isolasi. Yang tanpa gejala, tidak bisa dimasukkan dalam ruang perawatan karena sudah menjadi protap pusat. Itu bisa diisolasi di rumah, atau di rumah isolasi. Tapi ada prosedurnya jika isolasi secara mandiri di rumah. Disitu tidak boleh ramai atau tempat kos. Tidak ada pengobatan untuk OTG ini, karena mereka tidak ada gejala, hanya ditingkatkan daya tahan tubuh dan lain sebagainya. Kalau dia ada gejala, begitu timbul gejala tidak bisa lagi dirawat di rumah singgah, itu langsung dirujuk ke rumah sakit karena artinya sudah ada gejala penyakit,” ungkapnya.

Menurut dia, penyiapan rumah isolasi sudah sangat mendesak. Khususnya rumah isolasi yang disiapkan Pemerintah Kota Manado.

“Keterlibatan kabupaten/kota sangat penting. Karena ada daerah yang seakan menyerahkan semua ke provinsi. Kabupaten/kota itu memang diminta segera siapkan rumah isolasi untuk pasien terkonfirmasi positif yang bertatus OTG yang tidak perlu dirawat di rumah sakit,” jelasnya.

Pemprov menurut Dandel, sementara mengupgrade, rumah-rumah singgah yang bakal merawat OTG.  Dikatakannya, penyiapan rumah isolasi oleh kabupaten/kota sudah sangat mendesak, khususnya yang ada di Kota Manado. Pasalnya, masih ada sejumlah kasus pasien positif belum terevakuasi. Dimana 98 persen berada di Kota Manado.

“Penyiapan rumah isolasi sangat penting, kurang lebih di atas 50 orang. Bukan hanya 50. Didata yang belum dievakuasi lebih tinggi dari 50 kasus. Ini harus diserahkan ke kabupaten/kota karena rumah singgah provinsi terbatas, sebagian sudah ditampung karena banyak pasien positif ditampung perlu sekali keterlibatan kabupaten/ kota,” jelasnya.

Selain itu, bagi Dandel, penerapan protokol-protokol kesehatan pencegahan Covid-19 masih kurang di Sulut.

“Protokol kesehatan itu sangat penting. Karena sampai saat ini belum ada penurunan kasus. Sehingga, pandemik ini masih tetap berlanjut. Kita telah berupaya menambah laboratorium PCR di Balai BPOM Manado. Tapi keterlibatan kabupaten/kota itu sangat penting dalam upaya penanganan Covid-19,” ucapnya.(ewa/gnr)

-

Artikel Terbaru

Milenial BMR Siap Menangkan Olly-Steven

MANADOPOST.ID—Arus dukungan terhadap Paslon Petahana Sulut, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) di Pilkada Sulut 2020, terus bergelombang.

Paruntu-Panambunan Siap Menangkan Olly-Steven dan AA-RS

MANADOPOST.ID—Arus dukungan terus berdatangan kepada pasangan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Kini kembali terbentuk satu lagi dukungan datang dari kaum milenial, yakni Jaringan Anak Milenial (JAM) Sulut Hebat.

HR Hadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Bitung

Calon Wakil Gubernur Sulut Dr Hendry CM Runtuwene STh MSi, Selasa (27/10) menghadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Kota Bitung bertempat di Kelurahan Sagrat, Kecamatan Matuari.

Warga Minut Kepulauan Antusias Sambut VAP

Calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mendapat dukungan.

Samsung Home Appliances Hadirkan Solusi Hidup Sehat

MANADOPOST.ID—Samsung Electronics Indonesia hari ini resmi meluncurkan rangkaian Home Appliances terbaru untuk mendukung konsumen Indonesia yang kini melakukan sebagian besar kegiatan di rumah. Samsung Refrigerator Multidoor RF60 ciptakan kemudahan penyimpanan banyak bahan makanan dengan pengaturan suhu spesifik sesuai tipe makanan untuk menjaga kesegarannya.