alexametrics
29.4 C
Manado
Senin, 6 Desember 2021
spot_img

SPj Dandes dan ADD Boltim Tahap Dua Minta Dipercepat 

MANADOPOST.ID – Pemasukan Surat pertanggung jawaban (SPj) penggunaan Dana Desa (Dandes) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2021 di Kabupaten Boltim masih minim.

Kepala bidang (Kabid) Pemerintah Desa dan Penguatan Lembaga Desa dan Kelurahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Rusli Dajo SE, mengatakan hingga masuk pertengahan November 2021, posisi realisasi tahap dua masih dibawah 10 persen dari 81 desa se Kabupaten Boltim.

Selain itu, pemasukan score card atau hasil pendataan stunting yang merupakan skala prioritas bagi semua desa, perlu dilalukan penggenjotan sebagai syarat mutlak pencairan Dandes dan ADD tahap III.

“Selain SPj Dandes dan ADD tahap dua, pokok terpenting adalah hasil pendataan stunting yang diharuskan oleh pihak Kementrian sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 222 Tahun 2020 tentang pengelolaan Dandes. Hingga saat ini, untuk SPj tahap dua baru berjumlah 6 dokumen yang masuk di DPMD Boltim,” ujar Dajo, kepada Manado Post, Senin (15/11) siang tadi.

Namun demikian, Dajo menyampaikan, pihaknya tetap memastikan tidak akan memberikan rekomendasi pencairan tahap III, andai masih terdapat desa yang belum melengkapi persyaratan sesuai yang tercantum dalam Permenkeu Nomor 222 Tahun 2020.

“Jadi tidak ada toleransi bagi desa yang dianggap kumabal. Tidak lengkap SPj, otomatis tidak ada rekomendasi pencairan DD dan ADD tahap III,” pungkas Dajo. (ctr-05/can)

spot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru