28C
Manado
Selasa, 9 Maret 2021

Gubernur Imbau Warga Waspada, Minta BPBD Siaga

MANADO— Hujan deras disertai angin kencang yang melanda daerah ini sejak Jumat malam hingga Sabtu hari ini, membuat Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey gelisah.

Orang nomor satu di daerah Nyiur Melambai ini khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan bersama. “Kami terus berdoa agar cuaca ekstrem ini tidak sampai menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan. Karena itu sebagai langkah antisipasi, kami mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah bantaran sungai dan di daerah rawan longsor agar tingkatkan kewaspadaan. Sebaiknya untuk kebaikan bersama, alangkah baiknya untuk sementara waktu, mencari tempat tinggal yang lebih aman,” imbau Olly.

Begitu juga dengan instansi terkait. Terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Gubernur menginstruksikan agar siaga 1×24 jam. “Saya juga sudah meminta Badan Penanggulangan Bencana agar semua siaga. Semua siap bergerak cepat jika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan bersama,” tegas Gubernur saat dihubungi wartawan Manado Post, kemarin.

BMKG pun telah mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem. “Update peringatan dini cuaca ekstrem Provinsi Sulawesi Utara 16 Januari 2021 pukul 12:00 wita. Masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang,” tulis BMKG. Ini terjadi di wilayah

Manado, Minahasa Utara, Bitung, Tomohon, Minahasa, Sitaro, Sangihe. Serta dapat meluas ke wilayah Minahasa Selatan (bagian barat), Minahasa Tenggara dan Talaud,” tandas BMKG.(*)

Artikel Terbaru