25C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Gaji Pala di Manado Naik, Capai 5 Juta Tiap Bulan

MANADOPOST.ID- Gaji Kepala Lingkungan (Pala) di Kota Manado mengalami kenaikan. Dari Rp 3,5 juta menjadi Rp 5 juta. Hal ini dibenarkan Sekretaris Kota Manado Micler Lakat.

“Gaji Pala memang naik mulai sejak Januari dan itu sudah tertata dalam APBD 2021,” ungkap Lakat. Diketahui, kenaikan gaji 504 Pala menghabiskan anggaran Rp 30.240.000.000 dalam satu tahun.

Karena itu, Anggota DPRD Kota Manado Jeane Laluyan menyoroti kenaikan gaji Pala yang mencapai Rp 5 juta.

Menurut Laluyan, kenaikan gaji Pala harus dibarengi dengan kinerja. “Saya tidak permasalahkan kenaikan gaji, tapi yang saya pertanyakan kinerja. Sementara pelayanan kepada masyarakat belum maksimal.

Pala harus mengayomi masyarakat. Artinya proaktif menjadi pelayan masyarakat, objektif dalam banyak hal dan pastinya bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat,” ungkap wanita energik ini.

Anggota Fraksi PDIP ini mempertanyakan urgensinya kenaikan gaji pala sampai Rp 5 juta. Karena banyak THL tahun lalu belum dibayarkan gaji. Seharusnya masalah itu diselesaikan terlebih dahulu.

“Kasihan mereka memiliki keluarga. Yang menanti pembayaran gaji. Sementara dilain pihak gaji Pala dinaikan menjadi 5 juta,” ungkapnya.

Anggota dewan yang vokal ini juga menyarankan Pemkot Manado ketika merekrut THL harus ada kontrak kerja. Jangan membuat cela dengan mempekerjakan tanpa perjanjian.

“Kontrak kerja seharusnya dipegang kedua bela pihak agar jelas. Jangan hanya pihak Pemkot saja yang tau sehingga dengan seenaknya memutuskan/ merumahkan THL tanpa kejelasan dan konfirmasi. Jadi jangan membuat cela yang merugikan orang lain,” pungkasnya. (ite)

Artikel Terbaru