30 C
Manado
Jumat, 4 Desember 2020

Tersangka PETI Potolo Diduga Belum Ditahan, Warga: Masih Sering ke Tambang

MANADOPOST.ID-Persoalan tambang emas tanpa izin (PETI) belum ada habisnya di Sulawesi Utara (Sulut). Bahkan informasi didapat Manado Post dari warga, dua tersangka kasus PETI yakni STE dan GUS yang telah dijatuhi hukuman penjara oleh Pengadilan Negeri Kotamobagu, diduga belum ditahan.

Ini diungkapkan warga yang masih sering melihat keduanya berkunjung ke tambang Potolo, Kabupaten Bolaang Mongondow. “Kami tahu mereka sudah ditahan karena sudah ada putusan, tapi kami lihat keduanya masih sering ke tambang,” cerita warga kepada Manado Post.

“Ada apa ini? Mereka masih berkeliaran. Seakan-akan kebal hukumkah?,” tanya warga. “Kasihan polisi sudah melakukan penangkapan, tapi pada akhirnya eksekusi keduanya di penjara tak berjalan mulus,” tandas mereka.

Dikonfirmasi terpisah, menurut Humas Pengadilan Negeri Kotamobagu Sulharman, pengadilan sudah memutuskan beberapa waktu lalu. “Untuk tindak lanjutnya diserahkan pada Jaksa Penuntun Umum,” ungkap Suharman saat dikonfirmasi. “Untuk masalah eksekusinya itu kewenangan jaksa penuntut umum,” tambahnya.

Sayangnya, Kajari Kotamobagu Hadiyanto SH saat coba dikonfirmasi Manado Post, enggan merespon. “Bentar ada acara,” singkatnya kemarin. Dihubungi kembali, Hadiyanto tak lagi mengangkat ponselnya hingga berita ini diturunkan.

STE dan GUS ditangkap personel Polres Kotamobagu Mei 2020. Penangkapan dilakukan karena gencarnya mantan Kapolda Sulut Royke Lumowa, membidik para perusak lingkungan akibat praktik tambang emas ilegal di sejumlah wilayah di Nyiur Melambai.(ctr-01/gnr)

-

Artikel Terbaru

Desa Wisata Candirejo Borobudur Tawarkan Sensasi Budaya Jawa

Salah satu desa wisata tradisional yang terkenal #DiIndonesiaAja adalah Desa Penglipuran, Bali. Nah, selain itu, masih banyak desa wisata tradisional lain, termasuk yang lokasinya tak jauh dari Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Bajeto 341 Lingkungan Solid Menangkan JGE-VB

Kekuatan pendukung dan simpatisan Pasangan Calon (Paslon) Jilly Gabriella Eman-Virgie Baker, (JGE-VB) kian hari terus bertambah.

Pilih Mor, Rekaman Bersama Enda Ungu

Personel Band Ungu Franco Medjaya Kusumah atau akrab disapa Enda, menunjukkan keseriusannya memenangkan Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan-Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP).

VAP – HR Merajai Pelosok Sulut

Sosok calon Gubernur Sulut Dr (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh yang selalu peduli masyarakat kecil, terus dicintai warga hingga di daerah pelosok di 15 kabupaten/kota se-Sulut.

Perhatian-perhatian! Pintu Teater Dibuka 5 Desember

"Perhatian-perhatian. Pintu teater telah dibuka. Bagi Anda yang telah memiliki karcis dipersilahkan untuk memasuki ruangan teater…” Rindu dengar kalimat tersebut? Sebentar lagi rindu anda terobati.