28C
Manado
Selasa, 9 Maret 2021

Debit Pintu Air DAS Tondano Aman

MANADOPOST.ID–Hingga Minggu (17/1) malam, sebagian wilayah Minahasa masih diguyur hujan deras. Hal tersebut jika terus terjadi, bisa memicu debit air meningkat di pintu air Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano, Tonsea Lama dan bisa mengakibatkan bencana di beberapa titik Kota Manado.

Tetapi masyarakat diminta tenang dan waspada. Diketahui hingga Minggu malam diinformasikan debit air di pintu DAS Tonsea Lama masih dalam batas normal.

Dikatakan, petugas penjaga pintu air Tonsea Lama Audi Mongi, bahwa curah hujan yang terjadi tidak mempengaruhi ketinggian kondisi di pintu air Tonsea Lama, karena dialirkan melewati Pembangkit Listrik Inteke PLTA. Adapun Unit I 0 MW, Unit II 3,5 MW, Unit III 3,5 MW dengan total beban sebesar 7 MW dan total debit air 8,823 M3/d.

“Sekali lagi kami dapat sampaikan bahwa Keitnggian pintu air Tonsea Lama masih dalam keadaan normal, karena tidak meluap melewati bendungan, melainkan melewati Intake Pembangkit Listrik. Untuk hari ini saya tidak bisa memberikan keterangan lebih berhubung lagi lepas piket. Namun jika dibandingkan, curah hujan hari ini (kemarin, red) masih lebih rendah dari Sabtu. Jadi kondisinya masih normal,” kata dia, Minggu (17/1) malam.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Nofry Lontaan meminta warga tinggal dibantaran sungai serta lereng bukit yang berpotensi longsor agar mengevakuasi diri dan keluarga.

“Kami minta warga di pinggiran sungai apalagi yang tinggal diperbukitan atau berdekatan dengan bukit untuk dapat mengungsi dirumah kerabat sementara waktu. Demi menjaga terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan,” pintanya.

Dirinya menambahkan, pihak BPBD Minahasa tetap stanbye 1×24 jam dan masyarakat dapat melaporkan jika ada kejadian bencana lewat pemerintah setempat.

“Kami tetap stanbye. Kepada masyarakat dimintakan agar melaporkan jika terjadi bencana sekecil apapun lewat pemerintah desa dan kelurahan atau kecamatan setempat,” pungkasnya.(cw-01/gnr)

Artikel Terbaru