25C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

Permintaan Warga, Pemakaman SHS Diundur

MANADOPOST.ID–Rundown pemakaman almarhum Dr Drs Sinyo Harry Sarundajang (SHS), Dubes luar Biasa Berkuasa Penuh (LBPP) RI untuk Filipina merangkap Kepulauan Marshall dan Republik Palau, kemungkinan kembali berubah.

Revisi dilakukan atas permintaan masyarakat Kawangkoan dan Tompaso. Yang meminta agar SHS, sapaan akrab almarhum yang juga mantan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) periode 2005-2010 dan 2010-2015 dikuburkan Jumat, (19/2).

Hal itu disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Minahasa Denny Mangala, kepada Manado Post.

“Persemayaman pun disepakati dilakukan di lokasi kompleks pekuburan keluarga almarhum, Keluarga Sarundajang Laoh Tambuwun di eks Kampus Institut teknologi Minaesa (ITM). Atas permintaan masyarakat setempat, rencananya almarhum akan dikebumikan Jumat nanti,” ungkap Mangala sembari menambahkan jadwal tersebut tentatif atau bisa saja berubah.

Menurut dia lagi, atas prestasi dan dedikasi SHS untuk Minahasa, Sulut dan Indonesia, ROR-RD memerintahkan jajarannya all out menyiapkan segala persiapan upacara pemakaman.

“Sebagai tokoh Minahasa, Sulut dan Nasional, pak Bupati dan Wakil Bupati meminta menyiapkan penghormatan terakhir sematang-matangnya,” jelas Mangala.

Jenazah almarhum SHS -yang meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam Jakarta pada hari Sabtu, 13 Februari 2021 sekira pukul 1.40 Wita ini, dipastikan dikebumikan di pekuburan keluarga yang hanya berjarak sekira 250 meter sebelah timur Patung Yesus Kristus Kawangkoan di Puncak Bukit Emung.

Tepatnya di kaki bukit sisi selatan akses jalan masuk menuju Patung Yesus Kristus yang masuk wilayah Desa Tompaso Dua Utara, Kecamatan Tompaso Barat itu, kini tengah dilakukan penggalian lubang untuk tempat pemakanan SHS.

“Akan ada 20 tenda yang dipasang nanti. Jadi, sesuai protokol kesehatan ketat, hanya sekira 400 pelayat yang bisa masuk. Kami akan menyiapkan live streaming lewat medsos agar pelayat bisa juga menyaksikan prosesi pemakaman lewat medsos,” kata Mangala lagi.(cw-01/gnr)

Artikel Terbaru