28 C
Manado
Rabu, 2 Desember 2020

Dua PNS Pemkab Minsel Positif Covid-19

MANADOPOST.ID—Dua Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) dinyatakan positif Covid-19.

Mereka sebelumnya telah diperiksa melalui kegiatan surveilans aktif atau swab massal yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bersama Dinkes Pemkab Minsel.

Selasa (17/11) kemarin, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minsel Erwin Schouten membenarkan ini. Dalam pemeriksaan tersebut diikuti 118 PNS. “Ada dua PNS positif dari 118 yang mengikuti test swab massal,” tuturnya.

Schouten mengatakan, langkah Satgas Covid-19 Kabupaten Minsel sesuai protokol. Telah mencari kontak atau tracing. Kemudian isolasi mandiri bagi yang positif kalau tidak bergejala. Begitu pun PNS yang kontak erat dan risiko tinggi. Sudah melakukan isolasi mandiri.

“Untuk itu sebagian PNS di lingkungan mereka bekerja akan dibatasi. Sisanya yang terdeteksi kontak erat telah melakukan isolasi mandiri. Tadi (kemarin, Red) juga sudah banyak swab di SKPD, terkait kontak dengan pasien positif,” bebernya.

Schouten menambahkan untuk percepatan penanganan pihaknya sudah menurunkan tim melakukan tracing ke masing-masing instansi di dua PNS ini, serta lingkungan setiap hari.

“Kami juga turun ke tempat tinggal mereka masing-masing. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk penerapan protokol Covid-19. Sekaligus memutus matai rantai penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Sulut Steaven Dandel mengatakan, kegiatan surveilans aktif merupakan salah satu strategi dari 3 penangulangan Covid-19 yaitu testing, tracing, dan treatment.

“Untuk testing, Pemprov Sulut terus berupaya mencapai target testing WHO 1/1.000 penduduk agar dapat melakukan tracing sebanyak banyaknya dan seluas luasnya ke masyarakat. Dengan demikian kita dapat mencegah dan mengobati dengan cepat,” kuncinya. (ewa/gel)

-

Artikel Terbaru

Menuju 40 Persen Mor-HJP Peluang Besar Pimpin Manado

Pasangan Calon Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan  Bastiaan dan Wakil Wali Kota Manado Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) kans menang di Pilwako Manado, 9 Desember.

Tiga Nelayan Hilang Akhirnya Ditemukan, Bertahan dengan Layar Manual

Tiga nelayan, yakni Abdul Gani Lamusu (49) warga Desa Pinolosian Selatan (Pinsel), Ferdi Lamusu (15) warga Pinsel dan Feldi Potabuga (39) warga Desa Nunuk, Kecamatan Pinolosian, akhirnya ditemukan di perairan Kabupaten Boltim.

Pegadian Kanwil Manado Serahkan 4.200 Paket Bantuan Pangan

Selasa hingga Rabu tadi, Pegadaian Kanwil V Manado kembali menyalurkan paket bantuan pangan, melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) bagi nasabah dan masyarakat.

Tatong Warning ASN Terkait Politik Praktis

Jelang Pilkada 9 Desember mendatang, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara me-warning kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu agar tidak terlibat politik praktis.

Kelangkaan LPG Jelang Nataru Diatensi Pemkab Minahasa

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, LPG subsidi 3 kilogram sering langka jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Untuk itu Pemkab Minahasa berupaya melakukan upaya antisipasi menjaga kelangkaan LPG subsidi pemerintah tersebut.