28.9 C
Manado
Jumat, 27 November 2020

Produksi Jagung Sulut Capai  8 Ton per Hektare

MANADOPOST.ID–Produksi jagung di Sulawesi Utara (Sulut)terus mengalami peningkatan. Terlebih, saat ini benih jagung sudah diproduksi secara mandiri, dengan kualitas yang baik.

“Ini merupakan Program Pengembangan Kawasan Tanaman Pangan Korporasi, dalam rangka memberdayakan produk lokal karya anak bangsa. Dari, oleh dan untuk petani,” sebut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara Novly Wowiling.

Sementara itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Wilhelmina Pangemanan menambahkan,  korporasi petani jagung tengah digelar di beberapa Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara.

“Sudah ada di Minahasa, Minut, Tomohon, Mitra, dan tahun ini ada ketambahan di Bolaang Mongondow,” sebutnya.

Dia membeber,  hasil benih dari program korporasi petani sejumlah 600 ton di tahun 2019 dan diperkirakan meningkat menjadi 1.200 ton di tahun ini.  “Hasilnya dalam satu hektar menghasilkan 6 sampai 8 ton jagung,” katanya.

Dia menambahkan,  hasil produk benih tersebut kini tengah dibeli oleh pemerintah Sulut, Ternate, Gorontalo, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah dengan varitas JH-37 dan NAZA.

“Dibeli pemerintah, untuk dibagikan lagi sebagai bantuan bibit pada petani,” tandas Pangemanan, dengan memastikan harga jagung Rp4.500/kg ditimbang utuh dengan tongkol,” katanya.

Di sisi lain, Michael Lumentut, salah satu petani penerima program korporasi tersebut merasa bangga dengan pengembangan pertanian yang memberikan manfaat yang besar bagi petani.

“Program korporasi ini sangat membant petani karena mememberi nilai tambah pada jagung dengan hasil yang lebih besar. Sehingga animo menanan semakin besar pula,” sebut Lumemtut berharap program tersebut terus berlanjut.

“Diharapkan program ini akan terus berjalan. Karena mandiri benih jagung sudah ada di Sulut. Terima kasih Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten serta terima kasih pak OD yang sudah melobby anggaran di pusat dan membantu berdayakan petani sulut berbasis korporasi,” tutup Lumentut yang mampu menghasilkan 228 ton benih dari desa Romboken. (ayu)

-

Artikel Terbaru

ISPA `Serang` Warga Bolmong

MANADOPOST.ID--Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dr Erman Paputungan mengatakan, untuk penyakit yang paling banyak terjadi di Bolmong adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). 

Tiga Tahun,  Pemkab Bagikan 11.819 Sertifikat Tanah

MANADOPOST.ID---Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Selatan (Bolsel) berhasil membagikan sertifikat tanah gratis kurang lebih 11.819 sertifikat.

Kotamobagu Akan Terapkan Elektronifikasi Transaksi Pemda

MANADOPOST.ID--Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, mengatakan pemerintah akan mengeluarkan regulasi Peraturan Presiden (Perpres) mengenai Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

Bolmong Mulai Salurkan Bantuan Bantuan Tahap VII

MANADOPOST.ID--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) kembali menyalurkan Bantuan tahap VII bagi masyarakat terdampak akibat pandemi Covid-19.

1.600 Tenaga Kerja Tercover BPJS Ketenagakerjaan

MANADOPOST.ID—Untuk melindungi tenaga kerja baik formal maupun informal, Pemkab Sangihe melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sangihe mengakomodir 1.600 tenaga kerja dalam BPJS Ketenagakerjaan.