25C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Kado Terindah HUT ke-34, Kuasai 4 Platform Media

MANADOPOST.ID—Di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-34, Manado Post makin mengokohkan diri sebagai media penyebarluasan informasi terbesar di Sulawesi Utara. Empat platform media yang dikelola PT. Wenang Cemerlang Press ini, semuanya nomor satu.

‘’Terimakasih masyarakat Sulut yang tetap menjadikan Manado Post sebagai referensi utama dan sumber informasi terpercaya. Juga sebagai media yang paling efektif untuk promosi produk. Semua ini bisa kami capai, berkat kepercayaan pembaca dan relasi Manado Post,’’ ujar Direktur Utama Manado Post Marlon Sumaraw.

Menariknya, tiga platform media yang baru sekira 2 tahun belakangan dikembangkan Manado Post, langsung melejit menyingkirkan media lainnya. Yakni Instagram Manado Post, yang sampai kemarin, folowersnya 50,2 K. Begitu juga Facebook Manado Post yang folowersnya 208 K. Dan aplikasi Android & IOS yang belum lama diluncurkan tapi sudah ada ribuan orang yang menjadi member.

‘’Hebatnya, di usia 34 tahun, kami mempersembahkan platform online-digital berbasis aplikasi. Manado Post bisa didownload di Playstore maupun Appstore dengan berita update. Jadi media online pertama dan satu-satunya di Sulawesi Utara menghiasi IOS. Bahkan sampai saat ini aplikasi tersebut sudah didownload ribuan pembaca Kawanua di banyak negara. MPG tetap bertekad menjaga trust dan perangi Hoax,’’ jelas Marlon di acara Bincang Kawanua spesial 34 tahun Manado Post di siaran Kawanua TV, kemarin.

Platform media keempat, tentu saja Manado Post koran. Hadir dengan tagline baru yakni akurat, tuntas, terpercaya, kini torang pe koran tetap mempertahankan sebagai koran leader dan kuasai pasar. Menurut data LSI, Manado Post koran kuasai 58 persen pembaca surat kabar di daerah ini.

Karena itu Sumaraw bersyukur, sampai saat ini Manado Post menjadi media yang memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dari pembaca. Hal ini, menurutnya adalah bentuk tanggung jawab besar.

“Sehingga Manado Post bertekad untuk memerangi berita hoax. Meskipun saat ini platform yang menyediakan berita sangat banyak dan diakses secara cepat, namun kami tetap memilih menjadi media yang tidak hanya menyajikan berita cepat tapi harus akurat,” katanya.

Dia tak memungkiri menjadi media mainstrem, punya banyak tantangan. Salah satunya, tidak bisa salah dalam memberitakan sesuatu, karena selalu menjadi pusat perhatian.

“Jika Manado Post melakukan sedikit kesalahan karena human error, itu bisa dikomplain banyak pihak. Berbeda jika media lain yang melakukan hal yang sama. Semua itu karena, Manado Post masih menjadi media dengan trust yang tinggi. Semua kritik yang diberikan, kami terima dan dijadikan sebuah motivasi untuk menyajikan berita yang lebih baik,” tekannya.

Sumaraw pun meyakini, meskipun saat ini, dunia digital terus berkembang pesat, Manado Post cetak tetap memiliki segmen pembacanya sendiri. Terlebih Manado Post Digital dan Online sudah siap dengan kemajuan teknologi dengan diluncurkannya Aplikasi berbasis Android dan IOS.

Di kesempatan yang sama Pimpinan Redaksi Manado Post Tommy Waworundeng menjelaskan, tentang proses kinerja di redaksi. Mulai dari wartawan yang turun melakukan peliputan, mengambil data, mengolah dan menyajikannya dalam bentuk berita yang menarik dan memenuhu rukun iman.

“Semua wartawan yang meliput dibekali dengan pengetahuan jurnalistik. Bahkan semuanya sudah memiliki nomor UKW dan tersertifikasi dewan pers. Sehingga berita yang disajikan benar- benar akurat, tuntas dan terpercaya,” tekannya.

Tidak hanya sampai di situ, redaksi juga memiliki tanggung jawab sampai pada penjudulan berita dan konten- konten Heatline (HL). “Kami percaya memiliki konten yang eksklusif dan disajikan dengan data baik, akan tetap menjadikan Manado Post menjadi media yang dipercaya dan dirindukan di Sulut,” yakinnya.

Senada, Direktur Keuangan Marlin Tamauka menambahkan, untuk menunjang SDM semua karyawan Manado Post, perusahaan sering memberikan pembekalan dan pelatihan. Baik untuk wartawan dan juga karyawan lainnya. “Semua karyawan dibekali UKW,” tukasnya.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh relasi dan mitra Manado Post. “Terima kasih, karena berkat dukungan dan kepercayaannya, kami tetap menjadi yang terbesar,” tutupnya.

HUT ke-34 Manado Post sendiri, dilaksanakan sederhana namun meriah. Di masa Pandemi Covid-19, Manado Post mengikuti anjuran pemerintah. Perayaannya mengikuti protokol kesehatan. Jika biasanya dirayakan di hotel dengan meriah, kali ini lewat virtual. Meskipun sederhana, namun perayaannya sukses digelar. Berbagai ucapan dan perhatian dari relasi, mitra kerja hingga pembaca, menjadi hadiah terindah tahun ini.(*)

Artikel Terbaru