25 C
Manado
Sabtu, 15 Mei 2021
spot_img

Ajukan Perubahan Nama, Aprilia Manganang Kini Menjadi Aprilio Perkasa Manganang

MANADOPOST.ID–Hari ini akan menjadi hari yang bersejarah bagi Serda (K) Aprilia Santini Manganang. Mantan Atlet Timnas Voli Indonesia ini mengikuti sidang permohonan pergantian nama dan status jenis kelamin secara virtual yang berlangsung dari Pengadilan Negeri Tondano, Sulawesi Utara, di Markas Besar TNI Angkatan Darat, di Jakarta, Jumat (19/3)

Dalam permohonannya yang dibacakan Kolonet CHK Anggiat Lumban Torouan mengajukan perubahan nama Aprilia Santini Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang. Kedua Orangtua Manganang menjadi saksi dalam persidangan tersebut.

Sebelumnya, Kadep Bedah RSPAD Gatot Subroto, Kolonel CKM Guntor mengatakan, Manganang membutuhkan waktu 10-12 hari untuk proses pemulihan pasca operasi. Selama periode itu, tim medis memasang kateter supaya saluran urine tidak mengganggu area operasi.

“Sehingga nanti setelah 12 hari kita angkat kateternya nanti akan terjadi satu kondisi urin tidak lagi mengganggu lukanya karena sudah proses penyembuhan,” imbuhnya.

Sedangkan menurut Kepala RSPAD, Letjen TNI Budi Sulistya menambahkan, pihaknya sudah biasa melakukan operasi untuk pasien hipospadia seperti Manganang. Namun, biasanya pasien adalah anak-anak. Sedangkan karena ketidaktahuan, Manganang baru bisa diberi tindakan medis setelah berusia 28 tahun.

Untuk menangani Manganang, RSPAD mengerahkan beberapa dokter. Mulai dari dokter bedah plastik, bedah urologi, tim radiologi, tim anestesi, tim psikiatri, dan dokter lainnya. “Case (kasus, Red) ini ditangani komperhensif setidaknya oleh 10 sampai 15 dokter,” pungkas Budi.(mpid)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru