27 C
Manado
Jumat, 27 November 2020

Debat Pilgub Dongkrak Partisipasi Pemilih

MANADOPOST.ID—Tahapan debat publik pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur telah tuntas. Tiga sesi sukses digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Dalam debat terakhir, Selasa (17/11), Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh mengajak masyarakat datangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mencoblos pilihan paslon.

“Ayo datang ke TPS pada 9 Desember. Jangan khawatir atau takut datang ke TPS oleh karena Covid-19. KPU telah mengatur regulasi pemungutan dan perhitungan suara yang ramah terhadap protokol pencegahan penyebaran Covid-19,” ajak Mewoh.

Dia berharap tiga sesi debat publik yang melibatkan tiga paslon, kian memantapkan pilihan masyarakat pada 9 Desember mendatang. Kemudian terkait tiga sesi debat yang dilaksanakan KPU ini, pengamat politik Sulut memberikan apresiasi.

“Pesta demokrasi yang dilaksanakan di tengah pandemi memberikan tantangan besar bagi penyelenggara dalam menggalang pemilih ke TPS. Pelaksanaan debat publik ini salah satu cara mengundang masyarakat menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember mendatang,” sebut Dr Stefanus Sampe.

Materi dan mekanisme debat yang dirancang KPU Sulut, nilainya, bisa memberi pengaruh besar pada pemilih untuk memanfaatkan hak pilihnya.

“Artinya paslon sudah menyajikan visi dan misi mereka masing-masing. Masyarakat telah menilai dan jika ingin program paslon ini terlaksana, masyarakat wajib datang ke TPS untuk coblos paslon yang mereka nilai layak,” tukasnya.

Pelaksanaan debat yang mewajibkan menggunakan protokol kesehatan, dikatakan Sampe, tak lantas membuat jumlah penikmat atau penonton debat berkurang.

“Karena ada tayangan langsung TV swasta. Juga ada media massa yang ikut menayangkan melalui media sosial. Masyarakat mudah mengaksesnya,” tambahnya.

Ke depan Sampe berharap, dalam tahapan debat di pilkada masyarakat sebenarnya diberi ruang untuk bertanya kepada paslon. “Yang paling penting masyarakat diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada para kandidat,” kata Sampe.

Dikatakan dia, dengan digelarnya debat animo masyarakat untuk memilih dipastikan meningkat. “Antara semua metode kampanye kelihatannya debat kandidat  yang paling menarik perhatian dan lebih efektif untuk menyosialisasikan program-program dari para pasangan calon,” tandasnya.

Sebelumnya Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda juga mengakui jika KPU sudah tampil maksimal menyajikan tahapan debat sesuai PKPU. “Kami ikut awasi dan sudah berjalan baik. Sejumlah rekomendasi ditindaklanjuti penyelenggara,” tukas Malonda.(gel)

-

Artikel Terbaru

Terbaik Kedua, Rotty Raih Penghargaan PKN Tingkat II

MANADOPOST.ID– Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XVI tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN)

Gran Puri Siapkan Pesta Pergantian Tahun Berkesan

PENAWARAN spesial di malam tahun baru. Hotel Gran Puri Manado mempersembahkan Aloha Pool and Grill Party 2021.

538 Wasit Pemilu Dirapid test

MANADOPOST.ID—Menjamin kesehatan penyelenggara, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) gelar rapid tes massal. Bagi seluruh jajaran pengawas pemilihan di setiap tingkatan, Kamis (26/11) kemarin.

Distanak Kena Sorot, Pupuk di Minsel Langka

MANADOPOST.ID—Bulan November 2020 ini musim tanam bagi petani. Tapi saat ini kelangkaan pupuk terjadi. Membuat petani kesulitan mencari pupuk.

KPU Minsel Beber 15 Hal Baru di Pilkada

MANADOPOST.ID—Perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tak lama lagi selesai. Masyarakat pada 9 Desember nanti bakal