28.4 C
Manado
Sabtu, 24 Juli 2021

Ini Syarat Khusus yang ‘Dikecualikan’ Timsel KPID

MANADO—Tim Seleksi (Timsel) anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Utara mulai bekerja. Sosialisasi mengenai persyaratan khusus dan umum untuk para calon gencar dilakukan.

Ketua Timsel Stefanus Vreeke Runtu (SVR) kembali menegaskan mengenai persyaratan khusus yang sudah diumumkan sekretariat DPRD. Menurut Wakil Ketua DPRD Sulut periode 2014-2019 ini, ada tiga poin yang perlu penjelasan.

Pertama mengenai rapid test. “Soal rapid test, tak perlu khawatir. Ini akan difasilitasi pemerintah. Mungkin ada yang sudah ragu daftar karena memikirkan biaya rapid test. Timsel akan mencoba berkoordinasi dengan pemerintah agar rapid test para kandidat komisioner KPID difasilitas instansi teknis,” beber SVR.

Syarat khusus selanjutnya yang menurut SVR tidak wajib adalah lancar berbahasa Inggris. “Ini bukan syarat wajib. Kalau memang tidak lancar berbahasa Inggris, Timsel akan menguji dengan Bahasa Indonesia yang benar. Jadi tak usah takut daftar,” jelasnya.

Lebih jauh SVR menjelaskan mengenai batas umur pendaftar. Mantan Bupati Minahasa dua periode ini mengatakan, yang diinginkan Timsel adalah kandidat yang telah memahami mengenai dunia penyiaran, punya wawasan di situ. “Jadi tak usah terpaku dengan syarat umur yang sudah diumumkan sebelumnya. Baik mengenai rapid test, umur, maupun terkait lancar Bahasa Inggris. Timsel akan bekerja maksimal untuk bisa menghasilkan komisioner KPID yang andal, berkualitas, dan bisa menjalankan tugasnya dengan baik,” tukas SVR.

Menurutnya KPID adalah salah satu lembaga yang sangat penting. Apalagi di era digital seperti saat ini. “Tantangan KPID ke depan akan lebih besar lagi. Agar masyarakat Sulut bisa mendapatkan informasi-informasi berkualitas dan mendidik,” sebutnya.

Sebelumnya Setwan Sulut sudah mengumumkan syarat umum dan syarat khusus terkait calon anggota KPID Sulut. Syarat khusus berisi 12 persyaratan. Di antaranya mengenai rapid test, batas umum kandidat, dan mengenai lancar Bahasa Inggris. Syarat ini kemudian tidak menjadi kewajiban bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri.(gel)

Syarat Daftar Calon Anggota KPID Sulut

PERSYARATAN UMUM
1. Warga negara Republik Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
2. Setia kepada Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
3. Berpendidikan Sarjana setara S1;
4. Sehat jasmani dan rohani;
5. Berwibawa, jujur, adil, dan berkelakuan baik tidak tercela
6. Memiliki kepedulian, pengetahuan dan/atau pengalaman dalam bidang Penyiaran;
7. Tidak terkait langsung atau tidak langsung dengan kepemilikan media massa;
8. Bukan anggota legislatif dan yudikatif;
9. Bukan pejabat pemerintah dan;
10. Nonpartisan;
PERSYARATAN KHUSUS
1. Surat pernyataan mendaftarkan diri (melamar) sebagai calon anggota KPID Provinsi Sulawesi Utara, bermeterai Rp. 6.000,-;
2. Makalah visi-misi ditulis jenis huruf (font) Times New Roman, ukuran font 12, spasi 1,5, dengan jumlah 7-10 halaman, kertas ukuran A4;
3. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP);
4. Daftar Riwayat Hidup (Curiculum Vitae) lengkap bermeterai Rp. 6.000,-;
5. Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari dokter Rumah Sakit Pemerintah (asli);
6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian (asli);
7. Surat pernyataan bukan anggota legislatif, yudikatif, dan pejabat struktural pemerintah (asli), bermeterai Rp. 6.000,-;
8. Surat dukungan dari masyarakat, bermeterai Rp. 6.000,-;
9. Pas foto berwarna terbaru 4 x 6;
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru