30 C
Manado
Jumat, 4 Desember 2020

Pendaftaran Manual Masih Dibuka

Waspada! Pemerintah Pastikan Link Daftar Banpres UMKM Tutup Sejak 7 September

MANADOPOST.ID— Dinas Koperasi dan UMKM Sulut imbau masyarakat berhati-hati terhadap link terkait Banpres yang beredar saat ini.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulut Ronald Sorongan melalui Plh Kepala Bidang Usaha dan Pembiayaan Drs Jahja P Gultom. “Masyarakat harus waspada, sebab link resmi oleh kementerian sudah tutup 7 september yang lalu,” ungkapnya.

Lanjutnya, sampai sekarang tidak ada link yamg dikeluarkan oleh pemerintah terkait bantuan untuk usaha kecil ini. “Hanya surat edaran saja yang dikeluarkan dari Sesmenkop terkait penambahan waktu,” timpanya.

Menurut dia, sampai saat ini kesempatan pelaku usaha yang ada di Sulut untuk menerima bantuan ini masih terbuka lebar. “Masih diperpanjang oleh pemerintah pusat, ini terpengaruh dengan kuota. Dari 12 juta se Indonesia yang ditargetkan, sekarang baru sekira 9,1 juta kuota yang terdaftar,” terangnya.

Kata dia, terkait pendaftaran bagi pelaku usaha, sekarang dilakukan secara manual ke dinas koperasi di kabupaten kota masing-masing. “Semuanya dilakukan disana, baik untuk bertanya, cek dan mendaftar harus lewat mereka, atau juga bisa diusulkan oleh PNM, dan bank pemerintah seperti BRI dan BNI,” jelasnya.

Dia menjelaskan, hingga saat ini tidak ada kendala yang ditemukan terkait pendaftaran pelaku usaha kecil di Sulut. “Kalau untuk mendaftar tidak ada masalah. Biasanya di pencairan ditemukan masalah ini, sebab apabila pelaku usaha memiliki data kredit macet bantuan ini tidak akan bisa ditarik diperbankan, tugas kami mengusul saja, terkait pencairan itu urusan perbankan,” imbuhnya.

Dia melanjutkan, hingga saat ini, Sulut sudah mendaftarkan sekira 8 ribuan pelaku usaha baik pada tahap 1 dan tahap 2. “Bagi masyarakat, kesempatan masih terbuka, kalau merasa ada usaha secepatnya mendaftar. Jangan ulur waktu. Yang penting ada usaha, KTP dan nomor telepon, itu saja,” ucapnya.

Sebelumnya, Sandra Sambuaga, salah satu pelaku usaha asal perkamil sempat mempertanyakan terkait Link resmi Kemenkop yang sebelumnya digunakan untuk mendaftarkan diri sebagai penerima bantuan. “Iya, memang ada rekan-rekan yang bertanya terkait link tersebut, yang katanya sudah tidak bisa dibuka, namun kami sudah mendapat konfirmasi resmi dari dinas koperasi dan UKM bahwa pendaftaran saat ini dilakukan manual,” sebutnya.

Dia melanjutkan sangat bersyukur dengan bantuan yang diberikan pemerintah bagi pelaku UKM ini. “Ini sangat membantu kami dalam mengembangkan usaha ditengah pandemi. Terimakasih pemerintah,” singkatnya. (asr)

-

Artikel Terbaru

Desa Wisata Candirejo Borobudur Tawarkan Sensasi Budaya Jawa

Salah satu desa wisata tradisional yang terkenal #DiIndonesiaAja adalah Desa Penglipuran, Bali. Nah, selain itu, masih banyak desa wisata tradisional lain, termasuk yang lokasinya tak jauh dari Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Bajeto 341 Lingkungan Solid Menangkan JGE-VB

Kekuatan pendukung dan simpatisan Pasangan Calon (Paslon) Jilly Gabriella Eman-Virgie Baker, (JGE-VB) kian hari terus bertambah.

Pilih Mor, Rekaman Bersama Enda Ungu

Personel Band Ungu Franco Medjaya Kusumah atau akrab disapa Enda, menunjukkan keseriusannya memenangkan Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan-Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP).

VAP – HR Merajai Pelosok Sulut

Sosok calon Gubernur Sulut Dr (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh yang selalu peduli masyarakat kecil, terus dicintai warga hingga di daerah pelosok di 15 kabupaten/kota se-Sulut.

Perhatian-perhatian! Pintu Teater Dibuka 5 Desember

"Perhatian-perhatian. Pintu teater telah dibuka. Bagi Anda yang telah memiliki karcis dipersilahkan untuk memasuki ruangan teater…” Rindu dengar kalimat tersebut? Sebentar lagi rindu anda terobati.