28.9 C
Manado
Jumat, 27 November 2020

Notifikasi Perjalanan Berlaku Hanya Sepekan

MANADOPOST.ID–Masa berlaku notifikasi perjalanan bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) yang berangkat ke luar daerah hanya berdurasi sepekan.

Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sitaro Nomor: 6/Satgas-Covid-19/XI-2020 tentang Pengendalian Penyebaran Covid-19 tertanggal 16 November 2020.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Sitaro Bob Wuaten membeberkan, untuk durasi berlakunya notifikasi perjalanan berupa surat keterangan berbadan sehat atau pun surat tugas hanya berlaku sepekan.

“Jadi untuk masa berlakunya hanya satu minggu atau tujuh hari,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Sitaro ini.

Dilanjutkan Bob sapaan akrabnya, untuk ketentuan terkait dokumen notifikasi perjalanan tersebut. Dimana dokumen itu nantinya akan diperiksa saat kembali ke Sitaro.

Jadi bagi pelaku perjalanan yang melebihi batas waktu tersebut ketika kembali, akan diperlakukan sama terkait proses pengawasan dengan masyarakat non KTP Sitaro yang menjadi pelaku perjalanan ke daerah.

Dan bagi masyarakat dengan KTP luar Sitaro ketika berkunjung atau melaksanakan tugas, wajib menunjukkan surat keterangan hasil rapid test non reaktif atau hasil swab negatif Covid-19. Dan semua hasil itu harus melalui klinik atau Puskesmas, dan juga rumah sakit resmi.

“Jika tidak, maka akan di-rapid test di Sitaro. Dan tentu akan dikenakan biaya rapid test sebesar 140 ribu,” katanya.

“Dan apabila ada pelaku perjalanan saat rapid test dan menunjukan hasil reaktif, maka akan langsung dikarantina di rumah tunggu yang sudah disiapkan pemerintah daerah,” pungkasnya, sembari mengimbau agar seluruh masyarakat Sitaro tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Sitaro. (cw-04/ite)

-

Artikel Terbaru

ISPA `Serang` Warga Bolmong

MANADOPOST.ID--Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dr Erman Paputungan mengatakan, untuk penyakit yang paling banyak terjadi di Bolmong adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). 

Tiga Tahun,  Pemkab Bagikan 11.819 Sertifikat Tanah

MANADOPOST.ID---Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Selatan (Bolsel) berhasil membagikan sertifikat tanah gratis kurang lebih 11.819 sertifikat.

Kotamobagu Akan Terapkan Elektronifikasi Transaksi Pemda

MANADOPOST.ID--Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, mengatakan pemerintah akan mengeluarkan regulasi Peraturan Presiden (Perpres) mengenai Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

Bolmong Mulai Salurkan Bantuan Bantuan Tahap VII

MANADOPOST.ID--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) kembali menyalurkan Bantuan tahap VII bagi masyarakat terdampak akibat pandemi Covid-19.

1.600 Tenaga Kerja Tercover BPJS Ketenagakerjaan

MANADOPOST.ID—Untuk melindungi tenaga kerja baik formal maupun informal, Pemkab Sangihe melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sangihe mengakomodir 1.600 tenaga kerja dalam BPJS Ketenagakerjaan.