31 C
Manado
Rabu, 28 Oktober 2020

Pemangkasan Birokrasi, Tahun Depan Ratusan PNS Bakal Kehilangan Jabatan

MANADOPOST.ID—Ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) bakal kehilangan jabatan 2021 nanti. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, mulai 1 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021 secara resmi eselon III dan IV hilang. Kecuali jabatan kabag dan camat masih akan dipertahankan.

Saat dikonfirmasi koran ini, Senin (21/9) kemarin, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Minsel Ferdinand Tiwa membenarkan hal tersebut. “Benar, terhitung 1 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021 jabatan eselon III dan IV dihilangkan. Dan yang tersisa hanya level penanggungjawab seperti kepala dinas, sedangkan lainnya menjadi jabatan fungsional. Jabatan eselon III yang bertahan hanya kepala wilayah camat, lurah dan kabag,” tuturnya.

Tiwa juga mengatakan, perubahan struktur dengan mentransformasi ke fungsional akan ada perubahan usia pensiun. Untuk fungsional, PNS diperpanjang hingga 60 tahun. Sistem penilaian kenaikan pangkat juga berubah. Mulai Januari 2021 menggunakan kredit poin.

“Terjadi keuntungan bagi PNS soal kenaikan pangkat. Karena bisa lebih singkat. Selain itu, juga usia pensiun bertambah dua tahun menjadi 60 tahun. PNS nantinya benar-benar dituntut profesionalitas dan akan lebih menyesuaikan pada latar belakang pendidikan,” jelasnya.

Menurut Tiwa, perubahan sistem menguntungkan masyarakat. “Ya, semangat reformasi birokrat oleh presiden berupa memperpendek birokrasi berjalan dengan baik. Masyarakat nantinya akan lebih mudah saat berurusan dengan birokrasi dengan dipangkasnya jabatan structural.

Pada sisi lain, PNS juga ikut diuntungkan. Karena itu, kita masih menunggu bagaimana kebijakan pusat. Pasti akan ada Petunjuk teknis (Juknis) yang akan turun sebagai acuan,” tandasnya. (ewa/gel)

-

Artikel Terbaru

Milenial BMR Siap Menangkan Olly-Steven

MANADOPOST.ID—Arus dukungan terhadap Paslon Petahana Sulut, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) di Pilkada Sulut 2020, terus bergelombang.

Paruntu-Panambunan Siap Menangkan Olly-Steven dan AA-RS

MANADOPOST.ID—Arus dukungan terus berdatangan kepada pasangan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Kini kembali terbentuk satu lagi dukungan datang dari kaum milenial, yakni Jaringan Anak Milenial (JAM) Sulut Hebat.

HR Hadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Bitung

Calon Wakil Gubernur Sulut Dr Hendry CM Runtuwene STh MSi, Selasa (27/10) menghadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Kota Bitung bertempat di Kelurahan Sagrat, Kecamatan Matuari.

Warga Minut Kepulauan Antusias Sambut VAP

Calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mendapat dukungan.

Samsung Home Appliances Hadirkan Solusi Hidup Sehat

MANADOPOST.ID—Samsung Electronics Indonesia hari ini resmi meluncurkan rangkaian Home Appliances terbaru untuk mendukung konsumen Indonesia yang kini melakukan sebagian besar kegiatan di rumah. Samsung Refrigerator Multidoor RF60 ciptakan kemudahan penyimpanan banyak bahan makanan dengan pengaturan suhu spesifik sesuai tipe makanan untuk menjaga kesegarannya.