25 C
Manado
Jumat, 27 November 2020

Pilnataru, 1.000 Pasukan Standby

MANADO—Jelang Pilkada, Natal, Tahun Baru (Pilnataru), 1.000 pasukan gabungan sudah disiapkan untuk menanggulangi ancaman bencana di Sulawesi Utara (Sulut). Meski begitu masyarakat harus tetap berdoa. Agar Nyiur Melambai tetap dijauhkan dari ancaman rupa-rupa bencana.

Polda Sulut, Kodam XIII/Merdeka, Lantamal VIII/Manado, Lanud Sam Ratulangi Manado, BPBD, Basarnas, Tagana, dan komponen lainnya mulai dikerahkan. “Kita dari aparat keamanan khususnya dari Kepolisian Daerah Sulawesi Utara dibantu oleh TNI, Satpol PP dan seluruh komponen masyarakat, melaksanakan latihan simulasi penanggulangan bencana sekaligus persiapan kita untuk menghadapi pengamanan Pilkada,” sebut Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra, saat menggelar simulasi penanganan bencana.

Kapolda berharap, Apel Kesiapsiagaan bisa memberikan keyakinan kepada masyarakat. Bahwa seluruh aparat keamanan dan pemerintah daerah, serta stakeholder terkait, siap mengamankan pelaksanaan pilkada sekaligus menanggulangi bencana alam yang kemungkinan terjadi. “Kita berharap bencana tidak terjadi di wilayah Sulawesi Utara,” harap Panca Putra.

Sebagai informasi apel kesiapsiagaan ini juga melibatkan sembilan tim yang terdiri dari tim posko, tim evakuasi, tim SAR, tim dapur lapangan, tim pengungsi, tim DVI/Inafis, tim medis, tim trauma healing dan tim UPPK Sulut.

Polda Sulut sendiri menyiagakan personel Brimob, Samapta, Polairud, Bidang Dokkes dan Rumah Sakit Bhayangkara, Tim DVI dan Tim Trauma Healing, serta personel yang melaksanakan pengamanan di lokasi bencana. Selain menyiapkan personel, Polda Sulut juga menyiapkan sarana pendukung lainnya seperti Mobil Crane milik Dit Samapta, Water Canon, Mobil Water Treatment (penyuling air bersih) milik Brimob, peralatan SAR, perahu karet serta helikopter.(*)

-

Artikel Terbaru

Pemerintah Harap Masyarakat Mampu Bisa Vaksinasi Mandiri

MANADOPOST.ID - Penegakan disiplin protokol kesehatan dengan menjalankan 3M (Memakai Masker, Menjaga jarak dan Mencuci Tangan) menjadi upaya pencegahan utama dalam menghadapi COVID-19 saat ini.

Wonder Woman 1984 Segera Meluncur di Bioskop Indonesia, Catat Ini Tanggalnya!

Setelah diundur berbulan-bulan, film Wonder Woman 1984 akhirnya menemukan jadwal tayang pastinya di bioskop Indonesia. 16 Desember menjadi tanggal dirilisnya film arahan Patty Jenkins itu.

Wakasau Inspeksi ke Lanud Sam Ratulangi

Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto SH MDS, melakukan kunjungan kerja di Lanud Sam Ratulangi Manado.

Sinergitas TNI-Polri

TUJUAN nasional bangsa Indonesia diamanatkan dalam alinea keempat pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, yaitu untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

DJP Tegaskan Insentif Pajak Bagi WP, Terobosan Pemulihan Ekonomi

Wajib pajak (WP) di Sulut yang belum melaporkan pajaknya akibat dampak pandemi Covid-19 diimbau untuk memanfaatkan insentif pajak yang merupakan kebijakan pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN).