32 C
Manado
Sabtu, 31 Oktober 2020

Penerbangan Perdana Manado-Tokyo Resmi Dibuka Malam Ini

MANADO-Malam ini (23/9), Pemerintah Provinsi Sulut, bersama stakeholder terkait akan resmi meluncurkan penerbangan perdana Manado-Tokyo (Narita) menggunakan maskapai Garuda Indonesia A330 200.

Berdasarkan informasi, penerbangan perdana tersebut akan mengangkut sekira 11 ton kargo, pada pukul 23.30 WITA dan diperkirakan tiba pada pukul 06.30+1 waktu Tokyo.

Sebelumnya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) menekankan, pihaknya menjalin kerja sama dengan pihak Maskapai Garuda Indonesia untuk mempercepat distribusi produk perikanan Sulut ke negara tujuan dengan .

OD mengatakan, produk perikanan Sulut seperti ikan tuna segar sangat diminati oleh sejumlah negara. Terutama Cina dan Jepang. Namun, dia mengakui aksesnya masih terbatas. “Sehingga saya perlu untuk membuka rute penerbangan internasional. Untuk membawa produk ekspor kita ke luar,” kunci OD di sela pertemuannya dengan Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra di kediamannya, Desa Kolongan, Kabupaten Minahasa Utara, beberapa waktu lalu.

Senada disampaikan Kakanwil Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Wilayah Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara) Dr Cerah Bangun. Dia menuturkan, sebelum adanya direct call ekspor, ada banyak keluhan dari para eksportir. Mulai dari
tingginya biaya logistik yang disebabkan lamanya perjalanan barang ekspor ke Jepang, yakni 24-30 jam. Kualitas barang yang menurun yang disebabkan karena lamanya waktu perjalanan dan adanya kegiatan transit. Adanya ketidakpastian slot kargo barang ekspor sehingga menyebabkan seringnya pembatalan PEB.

“Sehingga terobosan Pemprov dalam membuka penerbangan Manado-Tokyo memiliki potensi yang baik. Karena secara letak geografis Manado sebenarnya lebih dekat dengan Jepang dibandingkan dengan jarak Jakarta / Bali dengan Jepang sehingga perjalanan barang ekspor menjadi terlihat bolak-balik di atas kota Manado,” jelasnya.

Dia pun menekankan, setelah ada direct call ekspor, akan banyak keuntungan yang akan didapatkan. Antara lain, rendahnya biaya logistik. Dia membeber, berdasarkan informasi dari para eksportir harga freight sebelum direct call rata-rata sebesar Rp46.000 per kilogram, sedangkan harga freight berdasarkan data PEB rata-rata sekitar Rp29.000 per kilogram sehingga terdapat selisih harga barang yang cukup signifikan yang disebabkan karena adanya biaya lain-lain seperti biaya agen, biaya pengurusan dokumen, dan lain-lain.

“Setelah direct call harga freight sebesar Rp21.750 per kilogram dengan cara mengurus sendiri dengan pihak Maskapai Garuda. Dengan demikian penghematan bisa mencapai antara 35 -50 persen. Penghematan lain yang terjadi karena adanya pelatihan kelas ekspor yang diadakan oleh Kantor Bea Cukai sehingga eksportir dapat mengurus sendiri dokumen PEBnya, tidak melalui PPJK lagi,” katanya, sembari berharap, penerbangan ini bisa terus konsisten dan memperlancar kegiatan ekspor Sulut.(Ayu)

-

Artikel Terbaru

152 CPNS Bolsel Gagal

MANADOPOST.ID---Usai melalui proses yang panjang,  akhirnya hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)  Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Bolsel diumumkan.

Bendungan Kuwil Capai 75 Persen, Selesai Pertengahan 2021

MANADOPOST.ID—Salah satu bendungan yang bakal memberikan efek positif masyarakat Sulut khususnya Kota Manado selesai tahun depan.  Hal itu disampaikan Gubernur berstatus cuti Olly Dondokambey, kepada para pakar intelektual Sulut di Hotel Grand Puri Manado.

Wabup Sangihe: Olly-Steven Lanjutkan Periode Kedua

MANADOPOST.ID—Wakil Bupati Kepulauan Sangihe Helmud Hontong menyampaikan dukungan terbuka kepada pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw pada Pilkada 9 Desember 2020.

Kawanua Prediksi Donald Trump Menang Lagi

MANADOPOST.ID—Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS), ikut mendapat perhatian warga Sulawesi Utara (Sulut), yang saat ini bermukim di negeri Paman Sam.

KPK Bisa Ambil Alih Kasus

MANADOPOST.ID—Kasus-kasus yang mandek di lingkungan Polri dan Kejaksaan bisa diambil alih oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia.